Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda; Ini Sejarah Singkatnya

Rabu, 27 Oktober 2021 19:41 Eris Kuswara Nasional

Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda; Ini Sejarah Singkatnya

 

Koropak.co.id - Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober. Tahun ini akan jatuh pada hari Kamis, 28 Oktober 2021.

Sumpah Pemuda merupakan suatu ikrar yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Indonesia. Momen itulah spirit kemerdekaan bagi segenap bangsa Indonesia semakin bergelora.

Para pemuda dan pemudi kala itu, berikrar mengaku bertumpah darah satu, tanah air satu tanah air Indonesia. Mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ikrar tersebut merupakan hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27 hingga 28 Oktober 1928.

 

Baca : Sumpah Pemuda, Refleksi Pemersatu Pemuda Bangsa

Kongres tersebut digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh sejumlah organisasi pemuda. Diantaranya, Jong Islamieten Bond, Pemuda Kaum Betawi, Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, Sekar Rukun dan Jong Ambon.

Sementara itu, dalam rangka memperingati 93 tahun peristiwa Sumpah Pemuda, Pemerintah Indonesia menetapkan tema Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021, yakni: "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh".

Tema ini menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia dan juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit dalam melawan pandemi Covid-19 serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait