Ini 5 Provinsi dengan Tingkat Partisipasi Vaksinasi Tertinggi

Sabtu, 30 Oktober 2021 10:42 Eris Kuswara Nasional

Ini 5 Provinsi dengan Tingkat Partisipasi Vaksinasi Tertinggi



Koropak.co.id - Pemerintah Indonesia terus menggenjot angka partisipasi vaksinasi Covid-19. Herd immunity atau kekebalan tubuh kelompok adalah harapan semua orang agar kehidupan kembali normal.

Diketahui, herd immunity terhadap suatu virus, maka setidaknya 70 persen penduduk di suatu daerah itu harus sudah menerima vaksin.

Jika dihitung secara nasional, tercatat penduduk Indonesia yang sudah menerima vaksin dosis lengkap itu baru mencapai 34 persen.

Sementara penduduk yang baru menerima vaksin dosis pertama saat ini baru sebanyak 56 persen. Angka yang masih cukup jomplang untuk target 70 persen.

Jika dilihat rekapitulasi data dari daerah yang sudah menerapkan vaksinasi, ternyata ada sejumlah provinsi yang penduduknya sudah divaksin lengkap lebih dari 70 persen atau setidaknya sudah di atas 50 persen.

Berikut ini, 5 provinsi di Indonesia dengan tingkat vaksinasi tertinggi, sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu 30 Oktober 2021:

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta menjadi provinsi yang pertama dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Tanah Air, yaitu sebanyak 101 persen target vaksinasi dan sudah menerima vaksin dosis lengkap.

2. Bali

Bali berada urutan kedua sebagai provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi. Tercatat sebanyak 85 persen target vaksinasi sudah menerima vaksin dosis lengkap.

 

Baca : Ini Tiga Alasan Masih Banyak Masyarakat yang Menolak Vaksinasi Covid-19

Sebagai daerah tujuan pariwisata, mayoritas penduduk Pulau Dewata tersebut tentunya dianjurkan untuk vaksin sebagai upaya pemulihan pariwisata.

3. Yogyakarta

Sebanyak 70 persen target vaksinasi di provinsi Yogyakarta juga sudah menerima vaksin dosis lengkap. Sama halnya seperti Bali, penduduk di provinsi tersebut juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi sebagai upaya pemulihan pariwisata di Kota Pelajar itu.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau berada di peringkat keempat sebagai provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi. Tercatat sebanyak 66 persen target vaksinasi di daerah itu sudah menerima vaksin dengan dosis lengkap.

5. Bangka Belitung

Meski belum mencapai 50 persen, namun Provinsi Bangka Belitung sendiri termasuk sebagai salah satu provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi dan sebanyak 38 persen target vaksinasi di daerah itu sudah menerima vaksin dosis lengkap.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait