Resmi Jabat Panglima TNI, Tiga PR Ini Menunggu Jenderal Andika Perkasa

Selasa, 09 November 2021 15:10 Eris Kuswara Nasional

Resmi Jabat Panglima TNI, Tiga PR Ini Menunggu Jenderal Andika Perkasa

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta membeberkan beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Panglima TNI terpilih, Jenderal Andika Perkasa.

Ia mengatakan, pekerjaan rumah yang pertama untuk Jenderal Andika Perkasa adalah menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di Laut Natuna Utara dan Papua.

"Pertama, tugasnya yaitu menjaga kedaulatan NKRI khususnya di wilayah perbatasan yang sedang memanas saat ini seperti di Laut Natuna Utara, perbatasan Papua dengan Papua Nugini, ," kata Sukamta sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa 9 November 2021.

Selain itu, kata dia, dua wilayah yang dia sebutkan itu jadi perhatian dari masyarakat Indonesia dan internasional.

"Oleh karena itu, langkah taktis, strategis dan humanis pun harus dilakukan secara tepat," imbuhnya.

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR ini menambahkan, untuk pekerjaan rumah kedua adalah mengenai pertahanan siber dan bawah laut.

Hal itu dikarenakan dalam beberapa tahun terakhir ini, pertahanan siber dan bawah laut Indonesia berungkali berhasil bobol oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

 

Baca : Komisi I DPR Kunjungi Rumah Jenderal Andika Perkasa di Kebayoran Lama

“Hacker berhasil membobol situs-situs pemerintah dan mengambil data-data strategis negara," ujarnya.

Sedangkan seaglider juga memetakan bawah laut Indonesia dengan beragam potensi lautannya. Tanggung jawab ini harus diselesaikan Panglima TNI nanti.

"Panglima TNI yang baru ini tentunya harus punya strategi dan solusi dalam menangani masalah-masalah ini," tambahnya.

Sukamta memaparkan, pekerjaan rumah ketiga adalah meningkatkan kapasitas, kualitas, profesionalitas dan isi tas dari anggota TNI. Terutama mengenai isu kesejahteraan bagi para anggota TNI, dikarenakan hal ini bisa meningkatkan kualitas.

"Dengan isi tas atau kesejahteraan yang memadai ini, harapannya bisa mendorong peningkatan kualitas anggota TNI itu sendiri," paparnya.

Lebih lanjut Sukamta juga menyatakan, TNI harus bisa untuk terus memperkuat dan memelihara alutsista pertahanan dengan baik. Kemudian juga TNI harus mengedepankan industri pertahanan dalam negeri.

"Jangan ada lagi berita-berita tentang kondisi memprihatinkan anggota TNI beserta alutsistanya yang tengah berjuang di garda depan pertahanan negara. TNI juga harus terus memperkuat dan memelihara alutsista pertahanan itu dengan baik serta harus mengedepankan industri pertahanan dalam negeri," harapnya.

Terakhir, pihaknya juga mengingatkan kepada Panglima TNI yang baru, Jenderal Andika Perkasa agar bisa lebih fokus pada tupoksinya dan tidak ikut terseret oleh hiruk pikuk politik menjelang Pilpres 2024 mendatang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait