Camat dan Lurah di Tasik Harus Ajak Warganya Divaksin, Wali Kota : Target Pekan Ini Tuntas!

Jum'at, 12 November 2021 19:48 Cepy RN Daerah

Camat dan Lurah di Tasik Harus Ajak Warganya Divaksin, Wali Kota : Target Pekan Ini Tuntas!

 

Koropak.co.id - Wali Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Yusuf menekankan lurah dan camat se-kota Tasikmalaya, dalam 2 hari kedepan hingga Ahad 14 November 2021 mendatang, semua warganya harus sudah divaksinasi.

Ia menilai hal itu penting dilakukan agar status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Tasikmalaya bisa berubah dari level 3 ke level 2.

"Untuk target vaksinasi yang akan diselesaikan selama 2 hari ke depan itu bisa menyasar warga lanjut usia (lansia) sebanyak 1.200 orang. Saya minta hari Minggu mereka bisa melakukan vaksinasi, jangan ada libur. Data vaksin sudah ada by name by addressnya. Jadi tinggal satu hari ini mereka bisa melakukan pendataan dan hari Minggu kita lakukan vaksin," kata Yusuf kepada awak media, selepas memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi di Graha Asia Plaza Asia Tasikmalaya, Jumat 12 November 2021.

Yusuf mengatakan, untuk hari Ahad juga pihaknya sudah koordinasi dengan Kapolres Kota Tasikmalaya dan Dandim 0612 Tasikmalaya untuk mengerahkan anggotanya apabila ada warga yang kesulitan datang menuju gerai vaksin yang sudah disediakan.

"Kalau ada kesulitan untuk memanggil orang tersebut, saya minta bantuan pak kapolres dan pak dandim untuk mengangkut orang itu. Mungkin saja ada lansia yang sudah tidak bisa jalan, atau mungkin sudah pikun, kita akan angkut mereka," katanya dengan tegas.

Pihaknya pun berharap hari Ahad 14 November 2021 vaksinasi di Kota Tasikmalaya bisa dituntaskan. Sehingga pada saat evaluasi bersama pemerintah pusat pada 15 November 2021 mendatang, data yang dibutuhkan sudah bisa dilengkapi untuk memenuhi syarat diturunkannya status level 3 ke level 2.

 

Baca : Di Kawalu Warga Lansia Yang Ikut Vaksin Dapat Doorprize

"Memang masih banyak hoaks, sehingga mereka takut 'dicovidkan' atau apalah. Padahal itu kan tidak benar. Namun setelah diberikan penjelasan mereka mau, dan setelah divaksin mereka merasakan tidak ada dampak apa-apa," ucapnya saat disinggung mengenai kendala vaksinasi dengan sasaran lansia di Kota Tasikmalaya.

Yusuf juga menegaskan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kinerja para lurah dan camat di Kota Tasikmalaya yang sudah menjadi kewenangannya. Bahkan dia juga akan turut menegur hingga memberikan sanksi untuk camat dan lurah yang dianggap tidak mendukung pelaksanaan vaksin di Kota Tasikmalaya.

Ditempat yang sama, dr Uus Supangat selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menjelaskan, berdasarkan data, untuk jumlah total yang melakukan vaksinasi di Kota Tasikmalaya sudah melampaui target sebanyal 50 persen. Dia pun mengatakan kini hanya tinggal lansia yang belum memenuhi target 40 persen vaksinasi.

"Kami sudah mendapatkan data nama dan alamatnya dari Disdukcapil Kota Tasikmalaya mengenai lansia mana yang sudah atau belum melakukan vaksinasi," jelas Uus.

Pihaknya juga menegaskan bahwa hari Sabtu dan Minggu tidak boleh libur serta harus tetap melakukan pelayanan vaksinasi. Menurutnya setidaknya di kecamatan dan di kelurahan itu harus bisa minimal 20 orang untuk bisa dibawa jika perlu dijemput ke Puskesmas untuk diberikan pelayanan vaksin.

"Kalau hari Ahad bisa dilaksanakan vaksin untuk lansia, maka target vaksinasi pun bisa dinyatakan sudah selesai. Karena kami juga hanya kurang 1.200 orang lagi untuk sasaran lansia. Sebab, kalau di bagi 69 dan dijumlah dengan seluruh kelurahan yang ada ditingkat kota, itu kan kurang lebih hanya 20 orang tiap kelurahan," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait