Kabar Gembira, Empat Jenis Vaksin Buatan Indonesia Akan Diproduksi Tahun 2022

Senin, 15 November 2021 19:22 Eris Kuswara Nasional

Kabar Gembira, Empat Jenis Vaksin Buatan Indonesia Akan Diproduksi Tahun 2022

 

Koropak.co.id - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito menyebutkan ada 4 jenis vaksin Covid-19 yang akan diproduksi di dalam negeri pada tahun 2022 mendatang.

"Saat ini ada 4 yang kemungkinan menuju pada produksi dalam negeri dan sudah terlihat ada progressnya," kata Penny sebagaimana dihimpun Koropak, Senin 15 November 2021.

Untuk lebih jelasnya, berikut 4 jenis vaksin Covid-19 dalam negeri yang akan diproduksi tahun 2022 mendatang:

1. Vaksin Merah Putih (Unair)

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) ini diketahui kini telah memasuki tahap kedua uji praklinis. Bibit vaksin tersebut juga kini telah siap dan sudah diserahkan ke PT Biotis.

"Harapannya, untuk izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) bisa keluar sekitar bulan Mei atau Juni 2022 mendatang, hingga produksi atau komersialisasi bisa dilakukan pada Juni atau Juli 2022," ucapnya.

2. Vaksin Zifivax

 

Baca : 134.560 Dosis Vaksin AstraZeneca Dari Inggris Tiba di Indonesia

Vaksin ini merupakan hasil kerjasama antara Bio Farma dan Anhui Zheifei Longcom Biopharmaceutical yang sudah mendapatkan EUA dari BPOM. Vaksin ini juga akan memasuki produksi fill and finish dengan PT Biotis sekitar Februari 2022 mendatang.

3. Vaksin Covid-19 (Baylor Medical College)

Vaksin ini sendiri merupakan vaksin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikembangkan oleh Baylor Medical College. Vaksin ini jug diketahui baru saja menyelesaikan praklinis kedua, sehingga dalam waktu dekat diharapkan EUA bisa terbit pada Juni 2022 dan diproduksi sekitar Juli 2022.

4. Vaksin ARCov

Yang terakhir, vaksin yang dikembangkan oleh PT Etana Biotech yang bekerjasama dengan Walfax Abogen berplatform mRNA. Pada Februari 2022 diharapkan akan ada fill and finish dengan bahan baku impor dan jangka panjangnya akan produksi hulu sampai ke hilir di PT Etana.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait