Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Rabu, 17 November 2021 14:37 Eris Kuswara Nasional

Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

 

Koropak.co.id - Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 17 November 2021.

Diketahui, pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI tersebut dikukuhkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 106 TNI Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

"Mengangkat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keputusan presiden RI ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana pada diktum kedua pada keputusan presiden ini," bunyi Kepres itu sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (17/11).

Dalam pelantikannya, Jenderal Andika Perkasa pun mengucapkan janji atau sumpah menurut agama Islam yang diucapkan terlebih dahulu oleh Jokowi dan didampingi oleh rohaniawan.

 

Baca : Jokowi Akan Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI Pekan Depan

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila, dan UUD Negara RI 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Andika.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh ras atanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," tambahnya.

Selain itu, pelantikan tersebut juga turut dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI RI.

Kemudian, setelah itu Jokowi pun melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait