Milad Ke-109 Tahun, Muhammadiyah Jadi Organisasi Pergerakan Islam

Kamis, 18 November 2021 10:52 Eris Kuswara Nasional

Milad Ke-109 Tahun, Muhammadiyah Jadi Organisasi Pergerakan Islam

 

Koropak.co.id - Organisasi Islam Muhammadiyah tengah merayakan Milad ke 109 tahun, hari ini, Kamis 18 November 2021.

Organisasi Muhammadiyah didirikan oleh KH Ahmad Dahlan atas inisiatifnya untuk mengembalikan proses dakwah Islam yang sesungguhnya.

KH Ahmad Dahlan sendiri menganggap jika terjadi penyimpangan yang cukup signifikan antara penyebaran dakwah yang berangsur-angsur, mulai bercampur dengan kebiasaan daerah tertentu Sehingga perlu dikembalikan seperti sediakala.

Hingga pada akhirnya di tanggal 18 November 1912, Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah di Kampung Kauman, Yogyakarta.

Dalam catatan ahli sejarah dari Universitas Gadjah Mada (UGM) kelahiran Kauman, Adaby Darban menjelaskan nama 'Muhammadiyah' pada awalnya diusulkan oleh kerabat sekaligus sahabat Ahmad Dahlan, Muhammad Sangidu. Dia merupakan seorang Ketib Anom Kraton Yogyakarta dan tokoh pembaruan.

Kemudian setelah itu diputuskan Ahmad Dahlan setelah melakukan salat istikharah. Selain itu, tak hanya KH Ahmad Dahlan saja yang pernah mengisi sebagai Ketua Umum dari organisasi ini. Berbagai tokoh politik juga kerap sekali terlibat dalam organisasi pergerakan Islam tersebut.

 

Baca : PC Muhammadiyah Ciawi - Tasik Utara Resmi Dikukuhkan

Sebut saja Amin Rais, dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Muhammadiyah pada tahun 1995 hingga 1998. Ada juga nama Din Syamsuddin yang juga pernah mengisi kursi ketua umum selama 2 periode yakni pada tahun 2005 hingga 2010 dan 2010 hingga 2015.

Kini, organisasi Muhammadiyah itu pun berada di tangan KH Haedar Nashir yang tampaknya akan mengakhiri masa jabatannya di tahun 2021 ini. Organisasi Muhammadiyah juga diketahui telah membuktikan prestasi dan pengabdiannya kepada bangsa Indonesia.

Hal ini bisa terlihat dari sejumlah amal usaha yang mereka lakukan, seperti mendirikan lembaga hingga sarana prasarana untuk masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan hingga sosial.

Selain itu, Muhammadiyah juga turut berhasil mendirikan 172 Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan sejumlah pencapaian ini, menjadikan Muhammadiyah sebagai Organisasi Islam yang sukses dalam membangun negeri dan juga peradaban Islam.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait