PICF 2021 Jadi Ajang Perkenalkan Warisan Nilai Kebudayaan dan Sosial Indonesia

Selasa, 23 November 2021 18:38 Eris Kuswara Nasional

PICF 2021 Jadi Ajang Perkenalkan Warisan Nilai Kebudayaan dan Sosial Indonesia

 

Koropak.co.id - Mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat menggelar kegiatan kebudayaan bertajuk 'Penn Indonesia Cultural Fair (PICF) 2021' pada 12 November 2021 lalu.

Mengusung tema 'Destination Indonesia', perhelatan PICF 2021 tersebut diadakan di ARCH Auditorium, The Archdi 3601 Locust Walk, Philadelphia, PA 19104, University of Pennsylvania.

Dilansir dari Tribunnews, Selasa 23 November 2021, kegiatan kebudayaan tersebut merupakan hasil kolaborasi dari asosiasi mahasiswa Indonesia di University of Pennsylvania (Penncasila) bersama dengan 39 mahasiswa dari 18 universitas di Indonesia.

Para mahasiswa ini merupakan penerima beasiswa Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mereka berkesempatan merasakan pendidikan di University of Pennsylvania selama satu semester (Fall semester - dari Agustus hingga Desember 2021).

Mahasiswi University of Pennsylvania sekaligus Ketua Panitia PICF 2021, Gabriella Gwen mengatakan, perhelatan kebudayaan Indonesia dalam skala besar tersebut pertama kalinya diadakan di University of Pennsylvania yang terletak di kota Philadelphia Amerika Serikat.

"Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan eksistensi Indonesia di Penn dengan memperkenalkan warisan nilai-nilai kebudayaan dan nilai sosial Indonesia," kata Gabriella Gwen dalam keterangan persnya sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa 23 November 2021.

Selain itu, dalam event yang diselenggarakan tersebut, mereka mengenalkan kebudayaan Indonesia mulai dari pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan Sulawesi hingga Papua.

 

Baca : IOAA Ke-14 di Colombia, Tim Indonesia Raih 5 Medali

Dalam rangkaian acaranya, diisi dengan penampilan dari Lima Dara yang menampilkan Tari Sigeh Pengunten dari Lampung.

Kemudian, dilanjutkan dengan penampilan kumpulan lagu pop Indonesia yang dinyanyikan oleh Penyanyi Vocal Group, Mask and Wig Band dan grup musik lainnya.

Ada juga Tari Lenso khas Maluku yang ditampilkan oleh dua mahasiswi dari Indonesia Timur yang juga ikut memeriahkan acara budaya tersebut.

 

 

Di dalam ruangan, terdapat berbagai booth yang memperkenalkan kuliner khas Indonesia serta cerita tentang budaya, wisata dan permainan nusantara yang tidak kalah serunya.

Semuanya itu dikemas dalam 10 booth yang merepresentasikan 5 pulau di Indonesia, 3 permainan tradisional, alat musik, dan destinasi wisata di Indonesia.

Setiap booth pulaunya mengajak pengunjung untuk mengenal keragaman budaya setempat, destinasi dan menikmati 2 hidangan khas daerah seperti telur balado dan rendang khas Sumatera, ayam Woku khas Sulawesi, Martabak hingga Bakwan.

Kemudian pengunjung juga bisa mencoba permainan seperti lomba balap kelereng, pensil dalam botol, dan permainan tangan. Selain itu, pengunjung pun bisa bermain angklung, mengenal kain batik dan lainnya.

Selanjutnya, terdapat pula satu kios informasi yang memberikan informasi tentang destinasi tourism di Indonesia, sehingga dapat menjadi daya tarik pengunjung di Amerika Serikat untuk mengunjungi Indonesia.

"Acara PICF 2021 ini merupakan PICF perdana yang diselenggarakan dan ternyata sambutan pengunjung cukup positif dan melebihi target kami. Bahkan pengunjung yang datang melebihi 300 orang," kata Gabriella Gwen.

 

Baca : Patung Yesus Buntu Burake Sulses Jadi Patung Tertinggi di Dunia

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa digelar secara berkelanjutan, agar bisa mengekspos kekayaan budaya Indonesia kepada komunitas Penn dan masyarakat lokal di Philadelphia.

Karena event ini juga bisa dijadikan sebagai ajang mempromosikan dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi dunia khususnya bagi kalangan di Philadelphia dan umumnya di Amerika Serikat.

"Selama ini Indonesia itu kan identik dengan Bali, sehingga melalui acara PICF 2021 ini kami memperkenalkan Indonesia yang begitu luas dan kaya yang tidak hanya meliputi Bali. Akan tetapi juga masih banyak sekali daerah-daerah lain yang sangat cantik dan kaya budayanya," ucapnya.

Kedepannya, mereka juga merencanakan acara Penn Indonesia Culture Fair ini bisa diadakan secara rutin 2 tahun sekali.

Perlu diketahui, University of Pennsylvania ini merupakan salah satu dari 8 universitas bergengsi di Amerika Serikat yang dikenal dengan istilah Ivy League. Universitas ini jugs menempati top 10 ranking universitas terbaik di dunia dengan tingkat persentase penerimaan siswa yang rendah dan kompetitif.

Tercatat banyak sekali nama-nama terkenal di dunia yang merupakan alumni dari University of Pennsylvania, diantaranya Elon Musk, Donald Trump, Warren Buffet, John Legend, dan lainnya.

"Acara ini juga diharapkan bisa menjadi contoh baik dan pelopor bagi ajang representasi Indonesia di kampus-kampus internasional selanjutnya," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini