Pancang Juang Rukun Wargi Sumedang; Maju Hayu, Teu Luas Mundur

Rabu, 24 November 2021 16:26 Redaksi Daerah

Pancang Juang Rukun Wargi Sumedang; Maju Hayu, Teu Luas Mundur


Koropak.co.id - Jalan panjang telah ditempuh Rukun Wargi Sumedang (RWS) dalam menjaga simpul kekerabatan para keturunan Pangeran Sumedang. Organisasi ini tidak ujug-ujug muncul lalu mengklaim diri sebagai trah pendiri Sumedang. Didirikan sejak September 1956, Rukun Wargi Sumedang lahir atas dasar perintah Negara.

Rukun Wargi Sumedang adalah perkumpulan keturunan Pangeran Sumedang yang berasal dari berbagai klan. Sebagai organisasi yang dibentuk berdasarkan kekerabatan, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Ada syarat yang mesti dipenuhi, yaitu harus keturanan Pangeran Sumedang.

Untuk mengukuhkan ikatan persaudaraan, pada akhir Oktober 2021 dilangsungkan pelantikan Majelis Luhur dan Pengurus Rukun Wargi Sumedang Puseur, di Gunung Manglayang.

 

Simak Videonya : Maju Hayu, Teu Luas Mundur

 

Acara yang berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan ini bukan sekadar pelantikan. Ada semangat juang yang terpancang kuat demi menjaga marwah Pangeran Sumedang.

Ketua Umum Rukun Wargi Sumedang Pusat, Rd. Dani R. Soeriakoesoemah, menegaskan tentang pentingnya kebersamaan dalam mempertahankan sejarah dan segala hal tentang kebenaran Kerajaan Sumedang Larang.

Dani memaparkan, maksud dari maju hayu teu luas mundur adalah para Rukun Wargi Sumedang harus selalu berani menyuarakan kebenaran dan terdepan dalam meluruskan sesuatu yang salah. Apalagi, saat ini sejarah Kerajaan Sumedang Larang tengah dibelokkan dengan kemunculan Keraton Sumedang Larang.

Ia menegaskan, keberadaan Keraton Sumedang Larang adalah kesalahan yang harus segera diluruskan. Jika dibiarkan, itu bisa menjadi dosa yang turun-temurun, karena orang-orang yang tahu dan paham sejarah tidak berbuat banyak.

Hal senada diutarakan Sekretaris Umum RWS Pusat, Rd. Penanjung Widi. Sebagai keturunan Pangeran Sumedang, pihaknya mempunyai kewajiban untuk menjaga kebenaran sejarah Kerajaan Sumedang Larang.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait