Balada Petak Umpet yang Ciamik Banget

Kamis, 02 Desember 2021 17:13 Eris Kuswara Nasional

Balada Petak Umpet yang Ciamik Banget

 

Koropak.co.id - Inilah petak Umpet. Permainan tradisional yang menghibur dan sekaligus bermanfaat buat kesehatan fisik dan mental.

Permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih ini seringkali kita mainkan saat masih kecil. Cara bermain petak umpet ini sangatlah mudah, semudah tertawa gembira saat hati bahagia.

Begini caranya. Salah seorang pemain yang bertugas untuk mencari temannya. Sebelumnya, pemain tersebut harus menutup mata dan berhitung dengan hitungan yang telah ditentukan.

Sementara pemain lainnya, harus mencari tempat untuk bersembunyi hingga pemain yang bertugas mencari selesai berhitung.

Petak umpet ini jadi permainan favorit anak-anak saat bermain bersama. Terlebih lagi jika anak-anak yang bermainnya lebih dari 3 orang. Seru banget.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, permainan tradisional yang satu ini mempunyai latar belakang unik. Ternyata banyak manfaat dan keuntungan bermain petak umpet saat kita masih anak-anak.

laman itu menulis, permainan petak umpet ini tak hanya dimainkan oleh anak-anak di Indonesia saja. Konon, petak umpet sendiri berasal dari Yunani. Saat itu, penulis Yunani, Julius Pollux mendeskripsikan melalui tulisannya pada 2 abad sebelum masehi.

Dikarenakan setiap negara memiliki perbedaan budaya, maka petak umpet juga mempunyai versi dan peraturan yang berbeda di setiap negara.

Contohnya di Indonesia, petak umpet yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah Petak Umpet Betawi dan termasuk merupakan warisan budaya nonbenda yang dimiliki Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari Kemdikbud.go.id, petak umpet berbeda dengan versi petak umpet yang lainnya. Petak Umpet Betawi mempunyai cara bagi pencari untuk ‘menangkap’ pemain yang bersembunyi dengan menggunakan julukan 'Hong!'.

Kemudian setelah itu meneriakkan nama pemain yang telah ketahuan bersembunyi. Baik pencari dan pemain yang ketahuan itu juga saling berlomba-lomba untuk menepuk ‘benteng’ agar tidak menjadi pencari pada sesi berikutnya.

Sedangkan bagi pemain yang belum ketahuan, dia juga bisa menepuk benteng agar aman dari baris-berbaris. Pemain yang ketahuan dan tidak menyentuh benteng, maka dia akan berbaris di belakang pencari.

Sementara pencari, akan menyerukan nomor yang dia pilih dari urutan barisan di belakangnya. Nantinya, pemain yang ada di posisi tersebutlah yang akan menjadi sang pencari di sesi selanjutnya.

Diketahui, petak umpet juga semakin unik dikarenakan turut diperlombakan secara internasional. Tercatat, kompetisi bertajuk 'Nascondino World Championship' pertama kali diadakan di Kota Bergamo, Italia. Dalam bahasa Indonesia, Nascondino sendiri yaitu petak umpet.

 

 

Baca : Seni Tradisi Kian Terkikis di Tengah Modernisasi

Kompetisi ini dilakukan di area terbuka dan didirikan dengan tempat persembunyian buatan dan alami. Saat ini, permainan tersebut diikuti oleh 80 tim yang berasal dari 5 kontinen yang terdiri dari 11 negara di dunia.

Selain itu, meskipun petak umpet sendiri mempunyai fungsi sebagai permainan yang menyenangkan, namun petak umpet juga ternyata mempunyai versi yang menakutkan.

Hal itu dibuktikan dengan telah dirilisnya ratusan film horor yang memiliki adegan bermain petak umpet yang pada akhirnya dapat mengubah suasana riang menjadi menakutkan.

Salah satu contohnya yaitu film Indonesia berjudul 'Petak Umpet Minako'. Seperti namanya, film ini berpusat pada permainan petak umpet yang berujung menjadi malapetaka bagi para pemainnya.

Meskipun begitu, hal inilah yang membuat para penggemar film horor penasaran dan ingin menonton film tersebut. Selain itu, permainan petak umpet unik yang berada di film itu juga dapat membangkitkan adrenalin yang membuat penonton menjadi deg-degan.

Film lainnya yang sedang booming akhir-akhir ini adalah film "Squid Game." Dengan versi Korea, petak umpet dikonsep dengan memainkan "Lampu Merah, Lampu Hijau". Pemain yang bertugas mencari akan meneriakan warna-warna lampu lalu lintas.

Siapa sangka bahwa ternyata petak umpet ini juga bermanfaat bagi kita secara fisik maupun psikis, terutama dalam tumbuh kembang anak. Secara fisik, petak umpet dapat membantu dalam mengasah keterampilan motorik anak yang mampu memberikan gerakan pada otot-otot besar seperti tangan dan kaki.

Terlebih lagi saat tantangan untuk masuk ke tempat persembunyian dengan sempurna itu akan membantu dalam meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan koordinasinya.

Sementara itu, secara psikis, banyak aspek yang bisa didapatkan dalam bermain petak umpet ini. Kemudian dalam segi sosial, anak akan dapat belajar untuk bersosialisasi dengan teman-temannya terutama saat mereka berdiskusi untuk menyepakati batas tempat mana saja yang bisa digunakan untuk bersembunyi.

Sedangkan dalam segi kreativitas, petak umpet ini dapat meningkatkan kreativitas dan penyusunan strategi. Terlebih disaat anak-anak harus mencari tempat yang cocok untuk bersembunyi.

Terakhir dalam segi pendewasaan, anak-anak dapat mengenal bagaimana caranya bermain yang fair atau tidak curang saat bermain dan juga taat dengan aturan permainan yang telah disepakati bersama.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait