Begini Sejarah Singkat Hari Disabilitas Internasional

Jum'at, 03 Desember 2021 20:44 Redaksi Nasional

Begini Sejarah Singkat Hari Disabilitas Internasional

 

Koropak.co.id - Hari Disabilitas Internasional (HDI) atau International Day of Persons with Disability (IDPD) selalu diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional tersebut bertujuan untuk menghilangkan pandangan, memberi dukungan atas hak-hak untuk meningkatkan martabat dan kesejahteraan yang diberikan kepada penyandang disabilitas atau yang kita kenal dengan seseorang yang memiliki kekurangan fisiknya dibandingkan manusia lain pada umumnya.

Berbicara mengenai Sejarah Hari Disabilitas Internasional, berawal pada tahun 1970. Saat itu, Inggris mengesahkan Undang-Undang bagi seseorang yang mengalami sakit kronis dan penyandang disabilitas serta hak-hak atau bentuk dukungan apapun kepada penyandang disabilitas.

Diketahui, dukungan tersebut seperti bantuan kesejahteraan, rumah, fasilitas dan pendidikan. Tercatat, Hari Disabilitas Internasional sendiri pertama kalinya diperingati pada 3 Desember 1992.

Penetapan peringatan tersebut berawal dari The United Nations Decade of Disabled Persons yang diadakan pada 1983-1992 guna membahas kesejahteraan para penyandang disabilitas di dunia.

 

Baca : Cegah Perbudakan dengan Metode CDEF

Melihat hal itu, sehingga dengan demikian peringatan tersebut digelar dengan tujuan untuk memberitahu kepada masyarakat terkait dengan hak dan kesejahteraan yang wajib untuk dimiliki oleh setiap penyandang disabilitas.

Sementara itu pada 18 Desember 2007, Majelis Umum PBB mengubah nama 'International Day of Disabled Persons' menjadi 'International Day of Persons with Disabilities'. Nama tersebut pun akhirnya secara resmi mulai digunakan mulai tahun 2008 hingga saat ini.

Dikutip dari laman un.org dan Kemensos.go.id, Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 mengusung tema 'Leadership and participation of persons with disabilities toward an inclusive, accessible and sustainable post-COVID-19 world' atau dalam Bahasa Indonesia berarti 'Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19'.

Melalui tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 ini diharapkan masyarakat dunia, khususnya masyarakat Indonesia tetap meningkatkan penghargaan tentang disabilitas, menghilangkan pandangan yang negatif terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan secara penuh terhadap kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupannya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait