Sejarah Mang Koko dan 10 Kawih Ciptaannya Yang Populer

Minggu, 05 Desember 2021 19:42 Cepy RN Nasional

Sejarah Mang Koko dan 10 Kawih Ciptaannya Yang Populer

 

Koropak.co.id - Mang Koko, nama yang melejit di era tahun 1970-an waktu itu populer dengan beragam karya tembang kawih Sunda. Dengan nama asli Haji Koko Koswara yang lahir pada 10 April 1917 di Indihiang Tasikmalaya. Segudang karya yang berhasil mang Koko wariskan untuk generasi saat ini.

Seiring dengan perjalanannya, mang Koko berhasil menghimpun karya cipta lagu-lagu terbaiknya ke dalam buku-buku yang diterbitkan dan ada juga yang masih dalam bentuk naskah-naskah.

Berikut beberapa buku mang Koko, Resep Mamaos pada tahun 1948 penerbit Ganaco, Cangkurileung ditahun 1952, Ganda Mekar ditahun 1970 penerbit Tarate, hingga buku Bentang Sulintang/Lagu-Lagu Perjuangan cetakan kesatu pada tahun 1989 dan cetakan kedua 1995 dengan penerbit Mitra Buana Bandung juga masih banyak buku-buku lainnya.

Dalam buku berjudul Bentang Sulintang Kawih Sunda (Lagu-Lagu Perjuangan) karya mang Koko yang diterbitkan oleh Mitra Buana Bandung ini berhasil menghimpun sekitar 34 judul lagu perjuangan, dan beberapa diantaranya populer ditelinga masyarakat Jawa Barat. Buku tersebut mengalami dua kali cetakan, cetakan pertama pada tahun 1989 dan cetakan kedua pada tahun 1995.

Berikut 10 judul lagu mang Koko yang populer di telinga masyarakat Jawa Barat dalam buku Bentang Sulintang Kawih Sunda (Lagu-Lagu Perjuangan) penerbit Mitra Buana Bandung:

 

Baca : Mang Koko, Sang Maestro Karawitan yang Karyanya Brilian

1. Bentang Sulintang
2. Sabilulungan
3. Bulan teh Langlayangan Peuting
4. Angkatan Perang
5. Karatagan Divisi Siliwangi
6. Seuneu Bandung
7. Tentara Siliwangi
8. Konperensi Asia Afrika
9. Reumis Beureum Dina Eurih
10. Bray Siang

Namun demikian, seiring perkembangan zaman dan muatan lokal ditiadakan di sekolah-sekolah, para generasi saat ini sudah mulai banyak yang tidak mengetahui beragam macam lagu-lagu karya sang Maestro Karawitan mang Koko. Sungguh miris memang, semoga kedepannya bisa kembali dijadikan muatan lokal dibanyak sekolah di Jawa Barat.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait