Semarak Kemeriahan Kongres JKPI Ke-5 di Bogor

Senin, 06 Desember 2021 09:54 Eris Kuswara Nasional

Semarak Kemeriahan Kongres JKPI Ke-5 di Bogor

 

Koropak.co.id - Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-5 yang digelar di Kota Bogor, Jawa Barat mulai 3 hingga 4 Desember 2021 lalu berlangsung dengan meriah.

Diketahui semenjak dimulainya kegiatan kongres yang dihadiri puluhan kepala daerah dan perwakilan itu, beragam atraksi pawai budaya beserta pameran dari masing-masing daerah di Indonesia ikut unjuk gigi untuk memeriahkan kegiatan.

Dilansir dari kompas.com, menariknya lagi, dalam Kongres JKPI itu juga turut ditetapkan 8 kota dan kabupaten di Indonesia sebagai Ibu Kota Kebudayaan. Berikut kedelapan kota dan kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan sebagaimana dihimpun Koropak, Senin 6 Desember 2021:

1. Surakarta sebagai bu Kota Kemajuan Kebudayaan
2. Sawahlunto sebagai Ibu Kota Warisan Sejarah
3. Banda Aceh sebagai bu Kota Bandar Maritim
4. Bogor sebagai Ibu Kota Berkelanjutan
5. Siak Sri Indrapura sebagai Ibu Kota Literasi dan Pendidikan
6. Ambon sebagai Ibu Kota Kreatif
7. Denpasar sebagai Ibu Kota Kebangsaan
8. Sumbawa sebagai Ibu Kota Perubahan Iklim

Ketua Dewan Kurator Ibu Kota Kebudayaan JKPI, Taufik Rahzen mengungkapkan bahwa gagasan penetapan Ibu Kota Kebudayaan tersebut bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan dia mencontohkan bahwa di Uni Eropa setiap tahunnya tradisi menetapkan Ibu Kota Kebudayaan sudah berlangsung semenjak tahun 1980-an.

 

 

Baca : KIBS III Jadi Momentum Peningkatan Ketahanan Kebudayaan Nasionalis

"Penetapan Ibu Kota Kebudayaan itulah yang kemudian memicu negara-negara, seperti di Arab dan Amerika untuk melakukan hal serupa. Selain itu, pada awalnya juga hanya ada satu kota setiap tahun. Namun dikarenakan antusiasme anggota pada tahun 2000, kini menjadi delapan kota. Sejak saat itulah dikembangkan yang melibatkan beberapa kota sekaligus," kata Taufik.

Taufik menambahkan, Arab Capital of Culture tercatat ditetapkan mulai tahun 1996 dan America Capital of Culture ditetapkan pada tahun 2000. Berkaca dari negara-negara tersebut, maka dalam pra-Kongres JKPI di Banda Acea beberapa waktu lalu, pihaknya memutuskan untuk memilih delapan kota sebagai Ibu Kota Kebudayaan setiap tahunnya.

"Perlu diketahui bahwa masing-masing Ibu Kota Kebudayaan ini sendiri tentunya memiliki karakteristik dan kekuatannya masing-masing yang akan dipilih secara berganti setiap tahunnya," imbuhnya.

Sementara itu, dalam Kongres JKPI ke-V itu juga turut memberikan penghargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka kepada Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi.

Selain itu, Ketua Presidium JKPI terpilih masa bakti 2021-2024 yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto sendiri yang memberikan penghargaan itu secara langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Penghargaan tersebut diberikan karena Presiden Jokowi dinilai memiliki peranan penting dan berhasil menjadi sosok inisiator dalam melahirkan jaringan kota pusaka Indonesia ketika dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait