Bangun Pusat Kebudayaan Jawa Barat, H.Abing Hibahkan Lahan Seluas 7.400 Meter

Kamis, 09 Desember 2021 21:44 Cepy RN Daerah

Bangun Pusat Kebudayaan Jawa Barat, H.Abing Hibahkan Lahan Seluas 7.400 Meter

 

Koropak.co.id - Seniman asal Tasikmalaya ini bernama H.Taufik Fathurohman. Orang Pagerageung, kampung halaman dia, biasa memanggilnya H.Abing.

Kecintaannya pada dunia seni dan budaya jangan diragukan lagi. Sejak usia muda hingga kini jelang senja, dia mendedikasikan diri pada perkembangan seni dan kebudayaan.

Teranyar, dia menghibahkan tanahnya seluas 7.400 meter persegi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk dibangun Pusat Kebudayaan Jawa Barat.

Lokasi lahan itu di Kampung Balananjeur Desa Pagersari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di depan Padepokan Seni Bumi Ageung.

"Di sini sedang dibangun pusat kebudayaan Jawa Barat," kata H.Abing, saat ditemui di Pagerageung belum lama ini.

Ia mengungkapkan, lahan tersebut sedang disiapkan pembangunan untuk pusat kegiatan kebudayaan dan seni. Juga, beragam fasilitas untuk menunjang literasi kebudayaan Jawa Barat.

"Akan dilengkapi dengan panggung terbuka bisa untuk pagelaran gending karesmen atau sejenisnya, plaza penerima, area parkir, bangunan utama, bangunan souvenir kerajinan, dan kuliner," katanya.

 

Baca : Sejarah Singkat Dunia Pertelevisian Indonesia

Saat melihat visualisasi Pusat Kebudayaan Jawa Barat yang sedang dibangun itu sungguh luar biasa. Bangunan terlihat megah. Sekaligus memiliki spirit budaya yang memesona.

Ada beragam fasilitas di bangun di sana. Mulai dari balai seni, saung riung, bangunan komunitas budaya, mushola, toilet, area permainan, ruang terbuka hijau. Yang menarik adalah atap bangunannya yang akan bercorak khas sunda.

Kiprah H.Taufik Fathurohman dalam dunia kesenian sudah tidak diragukan. Ia termasuk yang konsisten dalam menulis. Beragam karya literasinya banyak menghiasai media masa dan Buku-buku pelajaran sekolah.

Pemilik penerbit buku Geger Sunten ini dikenal dengan gaya humornya yang khas. Cawokah, majalah humor berbahasa sunda, dan penampilan Sudong, berhasil membuat banyak warga Jawa Barat terhibur dalam dua dekade terakhir ini.

Boy Iman Nugraha, Kepala Dinas dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa pembangunan pusat kebudayaan Jawa Barat ini sebagai bentuk kepedulian Pemprov Jawa Barat terhadap pelestarian budaya Sunda.

"Nantinya, berbagai khasanah seni dan budaya Sunda khas Kabupaten Tasikmalaya akan hadir di pusat budaya tersebut," imbuhnya.

Ia berharap, dengan kehadiran Pusat Kebudayaan Sunda di wilayah Kabupaten Tasikmalaya khususnya di Pagerageung bisa kembali merajut peradaban nusantara sehingga menjadikan masyarakat lebih faham lagi dengan kebudayaan Sunda yang perlahan sudah mulai ditinggalkan seiring dengan perkembangan zaman.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait