Di Depok, Budaya Betawi Bakal Masuk Pelajaran Mulok Sekolah

Selasa, 11 Januari 2022 18:18 Eris Kuswara Nasional

Di Depok, Budaya Betawi Bakal Masuk Pelajaran Mulok Sekolah

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok hingga kini terus berkomitmen dalam melestarikan kebudayaan asli daerahnya sendiri agar tidak punah termakan oleh waktu.

Diketahui, bukti keseriusan Pemkot Depok dalam melestarikan budaya tersebut ditunjukkan dengan rencana pemerintah untuk memasukkan kebudayaan Betawi menjadi muatan lokal (mulok) di sekolah.

Hal itu dikatakan Wali Kota Depok, Mohammad Idris dalam kunjungannya ke Rumah Budaya Kota Depok, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas untuk menyaksikan pertunjukan kesenian musik Gambang Kromong, Selasa 11 Januari 2022.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan bahwa, Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai rencana budaya Depok yang diimplementasikan di berbagai sekolah.

 

Baca : Lestarikan Budaya Depok untuk Mengenang Seniman Betawi Cilodong

"Rencana kebijakan baru ini juga mendapat respon yang baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Muatan lokal satu sekolah dengan sekolah lainnya boleh berbeda. Misalnya budaya, bela negara, dan agama," katanya.

Mohammad Idris menyebutkan, penerapan ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah juga tentunya harus mengacu pada peraturan yang ada di tingkat pemerintah pusat maupun provinsi, sebelum Pemkot mengeluarkan Peraturan Wali Kota terkait dengan rencana kebijakan tersebut.

Lebih Jauh, Mohammad Idris menuturkan, budaya sangat penting diperkenalkan kepada masyarakat sejak dini. Sebab, sebagaimana pesan pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bahwa bangsa yang tidak mengenal dan menghargai budayanya akan punah.

"Jakarta, Depok dan Bogor itu sendiri merupakan Kota Metropolitan, sehingga budaya asli daerahnya harus tetap ada dan dikembangkan agar tidak punah dikemudian hari," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait