Pertempuran Tarakan dan Awal Mula Penjajahan Jepang

Rabu, 12 Januari 2022 12:54 Redaksi Nasional

Pertempuran Tarakan dan Awal Mula Penjajahan Jepang

 

Koropak.co.id - Pendudukan Jepang di Indonesia disebut banyak sejarawan dimulai pada tanggal ini, 12 Januari, delapan dekade silam.

Adalah Perang Tarakan. Berkecamuk sejak 11-12 Januari 1942. Peristiwa bersejarah di ini menjadi titik kelam perjalanan sejarah Indonesia.

Dihimpun dari berbagai sumber, Perang Tarakan ditandai dengan masuknya pilihan ribu tentara Jepang ke Tarakan Kalimantan. Sebuah pulau yang terletak di sebelah timur laut Borneo.

Di tahun 1942 itu, Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Jepang yang telah mendeklarasikan perang dengan Kerajaan Belanda bermaksud datang ke Indonesia untuk melebarkan kekuasaannya.

Di mata internasional kala itu, Hindia Belanda sudah terkenal memiliki kekayaan sumber daya alam. Jepang ingin mendapatkan harta karun berupa minyak bumi yang melimpah di Nusantara ini.

Pulau Tarakan adalah salah satunya. Aset Hindia Belanda ini punya sekitar 700 kilang minyak. Sangat menggiurkan bagi Jepang yang sedang memerlukan banyak minyak untuk produktivitas di negaranya.

 

 

Baca : Mengintip Peran Kuliner dan Pariwisata Zaman Belanda

Soal potensi di Tarakan ini, Nationalgeographic.co.id menulis, Tarakan merupakan kota penting bagi Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II untuk memperluas pengaruhnya di kancah Pasifik. 

"Peran kota ini, selain untuk menguasai sumber daya alam yang dikuasai Belanda, juga menjadi pintu masuk menuju Pulau Jawa, jantung Hindia Belanda pada 1942."

Di sisi lain, letak geografis Tarakan memang sangat strategis. Berada di jalur penting Alur Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 yang menghubungkan Filipina, Asia Timur, dan Australia.

"Semasa Perang Dunia II pun menjadi jalur evakuasi Jenderal MacArthur dari Manila, ke Tawitawi, hingga ke Australia."

Pertempuran di Tarakan ini menjadi lambang dari kekuasaan penjajah. Jepang, saat tiba di Indonesia pada 1942. Dan menjelang keruntuhan Jepang, yang menyerah tanpa syarat pada sekutu, Tarakan menjadi arena perang yang sangat kejam.

Beberapa catatan sejarah menyebut, ribuan nyawa meregang saat pertempuran di Tarakan. Pihak Jepang dan Belanda beserta sekutunya sama-sama kehilangan prajurit yang tak sedikit.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait