Melirik Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza

Jum'at, 14 Januari 2022 12:48 Eris Kuswara Nasional

Melirik Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza

 

Koropak.co.id - Lagu Indonesia Raya 3 stanza merupakan salah satu lambang negara yang menjadi simbol persatuan dan kebanggaan masyarakat Indonesia.

Lagu ini juga diketahui selalu dinyanyikan dengan penuh kebanggaan dan semangat dimanapun dan kapanpun Ia didendangkan.

Namun, tahukah kamu jika lagu Indonesia Raya itu ternyata memiliki 3 stanza lirik yang semuanya memiliki makna dan doa didalamnya?

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, lagu Indonesia Raya 3 stanza yang diciptakan oleh Wage Rudolf (W.R) Supratman ini pertama kalinya dimainkan pada 28 Oktober 1928.

Selain itu, lagu Indonesia Raya 3 stanza juga merupakan sebuah lagu yang pada akhirnya menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Meskipun begitu, ternyata lagu ini diciptakan pertama kali oleh WR Supratman dengan judul 'Indonesia Merdeka' dan tidak ada kata Raya didalamnya, melainkan Mulia.

"Indonesia Mulia, Merdeka, Merdeka", begitulah potongan lirik dari lagu Indonesia Raya yang pertama kali diciptakan WR Supratman dengan Judul Indonesia Merdeka.

Sementara itu, 3 stanza lirik Indonesia Raya juga bukan hanya sekedar lirik semata. Namun lebih dari itu, karena di dalam liriknya itu terdapat lantunan harapan dan doa terhadap negara Indonesia.

Sejatinya, lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan sekarang merupakan lagu stanza pertama yang berkisah tentang Indonesia yang saat itu belum bersatu.

 

Baca : Ramaikan Tagar #IndonesiaRaya, Lawan yang Melecehkan Lagu Indonesia Raya

"Marilah kita berseru, Indonesia bersatu" begitulah potongan lirik dari Lagu Indonesia Raya stanza pertamanya.

Sedangkan di stanza kedua, terdapat doa yang tulus dari seluruh masyarakat Indonesia yang mengharapkan negaranya sebagai negara yang bahagia.

"Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia" begitulah potongan lirik dari Lagu Indonesia Raya stanza kedua itu.

Dilihat dari pemilihan katanya, makna dari stanza 2 ini yakni adanya landasan spiritual terhadap doa yang akan menyelamatkan nasib Bangsa Indonesia merdeka.

Kemudian di stanza ketiga, stanza ini memiliki janji dan sumpah dari seluruh rakyat Indonesia. Yaitu sebuah sumpah janji setia terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Marilah kita berjanji, Indonesia Abadi" begitulah potongan lirik dari Lagu Indonesia Raya stanza ketiga.

Sehingga pada intinya, baik dari stanza 1 sampai dengan 3, lagu Indonesia Raya tersebut menggambarkan tentang semangat dan cita-cita luhur bangsa Indonesia dan semuanya itu tertuang dalam lirik yang dituliskan W.R Supratman, yang dimainkan pertama kali di Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait