Mengulas Sejarah dan Perkembangan Musik Dangdut

Jum'at, 14 Januari 2022 19:43 Eris Kuswara Nasional

Mengulas Sejarah dan Perkembangan Musik Dangdut

 

Koropak.co.id - Musik dangdut merupakan perpaduan antara musik lokal khas Indonesia dengan musik yang ada di film India dan Melayu, serta musik rock yang berasal dari Barat.

Diketahui, perpaduan gaya musik ini sendiri digunakan pertama kalinya di Jakarta sekitar akhir tahun 1960-an. Selain itu, gaya musik yang satu ini kala itu pun dinilai cocok dan disukai oleh selera orang Indonesia.

Dilansir dari grid.id, musisi pada masa itu terkenal sangat kreatif dalam menciptakan gaya bermusik agar bisa dinikmati masyarakat dan salah satunya adalah musisi legendaris Indonesia, Rhoma Irama yang pada 12 Desember 2021 lalu berulang tahun ke-75.

Rhoma Irama sendiri merupakan seorang musisi dari aliran musik dangdut yang sangat populer pada masa-masa tahun 1970-an hingga 1980-an.

Selain itu juga, Rhoma Irama merupakan satu musisi sekaligus penyanyi dangdut yang sukses di belantika musik tanah air dan memiliki banyak lagu dangdut.

Lagu dangdut yang diciptakan Rhoma Irama itu mengajarkan banyak perbuatan terpuji, kisah perjuangan dan persahabatan. Tak hanya itu saja, jenis musik dangdut ini sendiri bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan sejarahnya, kala itu masyarakat Indonesia sangat menyukai film-film India dan musik dari Barat. Sehingga para musisi pun mencoba untuk terus mengembangkan musik dangdut.

 

 

Baca : Melirik Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza

Perlahan, musik dangdut pun mulai dikenal oleh masyarakat secara luas sekitar tahun 1970-an. Kala itu, musik dangdut tidak hanya dipengaruhi musik India.

Musik dangdut itu juga dipengaruhi oleh musik Arab, khususnya pada bagian penekanan serta harmonisasi nadanya. Kemudian pada tahun 1970 hingga 1980-an, musik dangdut menjadi genre musik yang sangat diminati oleh warga Indonesia.

Rhoma Irama juga pada masa itu menjadi salah satu musisi yang sukses dalam mengembangkan dan mempopulerkan musik dangdut. Sehingga, pada tahun 1968, Rhoma Irama dikenal sebagai salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia.

Tak hanya itu saja, film dan musik karya Rhoma Irama kala itu juga sangat sukses di pasaran. Bahkan banyak karya musik dangdutnya juga yang tetap disukai hingga kini.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini musik dangdut tidak seheboh dahulu. Sebab, masyarakat Indonesia saat ini lebih cenderung banyak menyukai musik pop dan akustik.

Musik dangdut juga seakan kalah saing dengan musik dari luar negeri, seperti musik Korea Selatan dan Barat. Namun, musik dangdut itu ternyata masih banyak digemari oleh orang Indonesia yang dibuktikan dengan masih banyaknya juga musisi dangdut yang berbakat.

Selain Rhoma Irama, musisi dangdut legendaris lainnya yang terkenal yakni Elvy Sukaesih yang dijuluki juga sebagai Ratu Dangdut, Meggy Z, Caca Handika, Mansyur S, Evie Tamala, Ida Laila, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Inul Daratista, hingga Via Vallen dan Nella Kharisma.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait