Jurus Babalonan Sarung Agar Anak Rajin Ibadah

Sabtu, 15 Januari 2022 07:27 Eris Kuswara Nasional

Jurus Babalonan Sarung Agar Anak Rajin Ibadah

 

Koropak.co.id - Kain sarung merupakan salah satu kain tradisional Indonesia yang sampai dengan saat ini masih lestari dan tetap digunakan baik itu oleh kalangan anak-anak hingga dewasa.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis kain sarung dengan berbagai corak atau motif yang biasa digunakan untuk berkegiatan atau aktivitas-aktivitas sehari-hari.

Selain fungsi sarung yang bisa digunakan untuk aktivitas secara umum, ternyata ada beberapa permainan tradisional yang bisa dimainkan dengan menggunakan kain sarung. Salah satunya adalah permainan tradisional babalonan sarung.

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Babalonan Sarung sendiri merupakan permainan tradisional yang tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Babalonan Sarung juga ternyata digunakan para orangtua sebagai media untuk membujuk anak-anaknya agar rajin beribadah. Permainan ini sangat sederhana dan hanya menggunakan sarung atau kain batik atau kain khas daerah masing-masing.

 

Baca : Delapan Fakta Menarik yang Hanya Dimiliki Orang Sunda

Sementara itu, untuk cara memainkannya pun sangat sederhana yaitu cukup dengan mengikatkan ujung sarung atau kain ke leher dan membentangkan ujung lainnya.

Selain itu, permainan tradisional ini juga dimainkan dengan cara berkompetisi lari sembari membentangkan sarung atau kain.

Selain bertujuan untuk mengajak anak-anak pergi mengaji, permainan Babalonan Sarung juga bertujuan untuk mengenalkan batik atau kain khas dari masing-masing daerah kepada anak-anak.

Sehingga dengan mengenalkan kain khas daerah tersebut sejak dini, diharapkan anak-anak pun akan mencintai dan melestarikan salah satu kearifan lokal yang ada di Indonesia tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait