Asal Usul Sebutan Uang dan Duit di Indonesia

Sabtu, 15 Januari 2022 19:32 Eris Kuswara Nasional

Asal Usul Sebutan Uang dan Duit di Indonesia

 

Koropak.co.id - Dalam ilmu ekonomi tradisional, uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu sendiri dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Sementara itu, dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang dan jasa serta kekayaan berharga lainnya dan juga digunakan untuk pembayaran utang.

Pada awalnya, di Indonesia, uang dalam hal ini uang kartal, diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang pun dicabut.

Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral yakni Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal dan hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi.

Terlepas dari hal itu, pernahkah kalian mendengar ada yang menyebut kata uang menjadi duit? Lalu, dari mana sebenarnya asal kata uang dan duit itu?

Dilansir dari berbagai sumber, asal kata Uang sendiri terdiri dari beberapa versi. Ada yang mengatakan bahwa kata Uang itu berasal dari kata Wang yang artinya alat pembayaran yang terbuat dari emas.

Diketahui, emas pada zaman dulu digunakan untuk membayar barang-barang yang mahal. Sementara untuk barang-barang murah dibayar dengan perak dan yang lebih murah lagi dibayar dengan tembaga, besi dan kuningan.

Selain itu, ada juga yang bilang kata Uang tersebut berasal dari nama ahli keuangan di Tiongkok, yaitu Wang An Shi.

 

Baca : Mengenal Lebih Dekat Penghargaan Kalpataru

Uang emas Tiongkok yang dari zaman itu pernah masuk ke Indonesia dan dijadikan alat pembayaran sah.

Ada juga yang mengatakan bahwa kata Uang itu berasal dari kata Daluwang yaitu kertas yang dibuat dari kulit pohon.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, alat pembayaran yang sah adalah Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang terbuat dari daluwang.

Sementara itu, kata Duit berasal dari kata Duit atau Doit yang merupakan sebutan untuk uang koin kuno Eropa yang dibuat pada abad ke-14.

Duit di Eropa sendiri merupakan salah satu uang koin yang terbuat dari perak dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Sedangkan di Belanda, duit merupakan satuan mata uang terkecil karena yang terbesarnya disebut gulden.

Pada saat itu, 1 gulden sama dengan 160 duit. Duit sendiri masuk ke Indonesia sejak tahun 1726 akibat penjajahan Belanda.

Dikarenakan sering menerima uang duit itulah, maka kata Duit sendiri sering didengar juga oleh orang Indonesia. Jadi, sebenarnya kata uang dan duit itu berbeda hanya di penggunaan katanya saja.

Jika Uang itu merupakan kata formal, sedangkan Duit merupakan kata informal dalam bahasa Indonesia.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait