Pagelaran Musik Orkestra 2018

Sabtu, 24 Maret 2018 17:30 Clara Aditia Daerah

Pagelaran Musik Orkestra 2018

Ekspose Potensi Paduan Suara Kota Tasikmalaya

Koropak.co.id - Yayasan Simphony bersama Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya menghelat Pagelaran Musik Orkestra dan Paduan Suara 2018 yang dilangsungkan di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Sabtu (24/3/2018).

Pagelaran Musik Orkestra 2018
Kepler Sianturi MA

Kegiatan yang menampilkan 17 grup paduan suara dari tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, hingga umum tersebut dibuka oleh Ketua Yayasan Simphony Kepler Sianturi MA beserta jajaran Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Sebagai penanda dimulainya kegiatan, audiens disuguhi penampilan apik, atraktif, dan memukau persembahan Orkestra Simphony.

Ketua Yayasan Simphony Kepler Sianturi MA menuturkan ada beberapa hal yang menjadi pemikiran Yayasan Simphony melangsungkan Pagelaran Musik Orkestra tersebut. Terpenting, memberikan ruang bagi grup paduan suara untuk mengekspresikan kreasinya di sebuah pentas paduan suara.

"Paduan suara memerlukan ruang untuk berekspresi. Kami menilai dengan segudang potensi yang dimiliki, mereka harus difasilitasi untuk menampilkan kreasi-kreasi terbaiknya," ucapnya.

Dikatakan Kepler, perkembangan musik di Kota Tasikmalaya selama ini cukup baik. Namun, dalam konteks seni paduan suara masih minim. Sehingga hal tersebut menjadikan spirit dan kerinduan bagi Yayasan Simphony untuk mengembangkan paduan suara di Kota Tasikmalaya.

"Hal tersebut yang melatarbelakangi Yayasan Simphony menghelat Pagelaran Musik Orkestra ini. Responsnya sangat luar biasa. Setiap grup memberikan penampilan terbaiknya. Audiens pun sangat terhibur. Bahkan, setiap tim paduan suara berimprovisasi dengan kreasinya yang luar biasa," tutur Kepler.

Oleh sebab itu, kata Kepler, Yayasan Simphony berencana untuk menjadikan Pagelaran Musik Orkestra dan Paduan Suara ini menjadi agenda tahunan di Kota Tasikmalaya sehingga setiap tim paduan suara memiliki ajang yang dinanti-nanti untuk mengekspresikan buah kreasinya yang atraktif, memukau dan menghibur.

Pagelaran Musik Orkestra 2018Sementara itu, Kepala Seksi Dikmas dan Kursus Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Tika Mulyatika mengapresiasi atas Pagelaran Musik Orkestra dan Paduan Suara yang dihelat Yayasan Simphony. Mewakili Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, pihaknya sangat bangga dengan adanya pagelaran tersebut.

"Dalam pagelaran tersebut, dapat kita simak muncul begitu banyak kreativitas dari peserta yang berasal dari berbagai tingkatan, mulai SD, SMP, SMA, hingga kalangan mahasiswa. Ajang ini tidak hanya menjadi ajang ekspresi, namun juga menjadi ajang pembinaan karakter para peserta agar bisa kompak, kreatif, dan terasah bakat vokalnya," ujarnya.

Tika menuturkan dengan melihat antusiasme dari tim paduan suara, memberikan gambaran begitu besar dan luasnya potensi seni tarik suara di Kota Tasikmalaya. Semoga ke depan Pemerintah Kota Tasikmalaya dapat memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan potensi paduan suara Kota Tasikmalaya ke kancah yang lebih luas lagi.*