5 Dapil Pemilu Legislatif KBB

Rabu, 11 April 2018 11:50 Eris Kuswara Parlemen

5 Dapil Pemilu Legislatif KBB

Koropak.co.id - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang selama ini dilaksanakan secara langsung menjadi pesta demokrasi bagi masyarakat yang bebas menyuarakan hak pilihnya dalam memilih siapa yang akan memimpin daerahnya dalam 5 tahun ke depan. Demikian halnya dalam Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2018 mendatang.

Asosiasi DPRD Kabupaten Indonesia (Akasi) mengusulkan agar pilkada dilaksanakan secara tidak langsung, dikembalikan kepada DPRD. Usulan tersebut diajukan dengan pertimbangan agar pilkada hemat biaya dan juga terbebas dari korupsi.

“Rekomendasi ini hasil dari Rakernas Adkasi yang akan disampaikan kepada DPR RI dan Presiden,” ujar Wakil Ketua Umum Adkasi yang juga Wakil Ketua DPRD KBB, Samsul Ma’arif.

Samsul yakin, presiden bersama DPR RI akan menerima dan merevisi undang-undang pilkada langsung tersebut, karena menurutnya, usulan tersebut merupakan suara DPRD kabupaten kota se-Indonesia.

"Nantinya, masyarakat tidak akan kehilangan hak demokrasi. Masyarakat bisa memilih pemimpinnya di pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Dengan cara ini akan lebih efektif dan pilkada akan berbiaya murah. Kalau pilkada berbiaya murah, kader-kader terbaik yang ada di DPRD kabupaten maupun di DPR RI bisa terjaring dan korupsi akan berkurang,” tuturnya.

Sementara itu, menghadapi Pemilu Legislatif yang akan serempak digelar dengan Pemilu Presiden, sesuai putusan KPU RI, daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD KBB pada Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang sudah ditetapkan.

Dapil terbagi dalam 5 wilayah, untuk dapil 1 mencakup Kecamatan Saguling, Padalarang, dan Ngamprah dengan alokasi 11 Kursi. Dapil 2 mencakup Kecamatan Cipatat, Cipendeuy, dan Cikalong Wetan dengan alokasi 10 kursi. Dapil 3 mencakup Kecamatan Cisarua, Parongpong, dan Lembang dengan alokasi 11 kursi.

Sementara dapil 4 mencakup Kecamatan Batujajar, Cihampelas, dan Cililin dengan alokasi 9 kursi. Sedangkan dapil 5 mencakup Kecamatan Cipongkor, Gununghalu, Sindangkerta, dan Rongga dengan alokasi 9 kursi. Guna lebih jelasnya lagi, simak infografis yang sudah Koropak.co.id siapkan berikut ini.*

5 Dapil Pemilu Legislatif KBBPenulis : E. Kuswara


Berita Terkait