24 Perusahaan Buka Lowongan Pekerjaan

Senin, 16 April 2018 17:48 Clara Aditia Daerah

24 Perusahaan Buka Lowongan Pekerjaan

Koropak.co.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya, Senin (16/4/2018), Pemerintah Kota Tasikmalaya menggelar bursa kerja yang menghadirkan 24 perusahaan ternama, baik di kancah lokal maupun nasional.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febri Kurniawan Ma'ruf, S.IK.,SH, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya Hj Nunung Kartini, serta Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Hj Yoke Yulianti.

Job fair disambut baik para pelamar kerja. Terbukti di hari pertama dibuka, ratusan pelamar memadati area bursa kerja. Kepada koropak.co.id, Walikota menyampaikan kegiatan bursa kerja kali ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Kota Tasikmalaya yang sampai dengan saat ini masih berada di angka 6,8 persen.

24 Perusahaan Buka Lowongan Pekerjaan"Pemkot Tasikmalaya sebagai fasilitator antara pengusaha dan pencari kerja. Acara yang berlangsung hingga Selasa (17/4/2018) besok, akan berdampak mengurangi tingkat kemiskinan di samping program pencetakan 5.000 wirausaha baru yang sudah dilaunching beberapa waktu lalu," ucapnya.

Walikota menambahkan selain bursa kerja, pihaknya juga mendorong para pengusaha untuk termotivasi berinvestasi di Kota Tasikmalaya. Salah satunya dengan mencabut Perda Fatwa Lokasi dan Perda Izin Gangguan.

"Namun perlu dijaga juga Kota Tasikmalaya agar tetap aman, nyaman, dan kondusif supaya bisa sinergi dengan program peningkatan iklim investasi. Harapan kami supaya para investor bisa menginvestasikan dananya di Kota Tasikmalaya yang tentunya akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja di Kota Tasikmalaya," ujar Walikota.

Dalam pantauan Koropak.co.id, acara yang dibuka sejak pukul 10.00 WIB dipadati sekitar 557 pelamar yang menitipkan lamarannya ke beberapa perusahaan yang tergabung dalam bursa kerja tersebut. Jumlah yang membeludak tersebut menunjukan respon yang sangat luar biasa atas adanya bursa kerja tersebut.

24 Perusahaan Buka Lowongan PekerjaanSalah seorang pelamar, Tia Asih Anggrani, warga Jalan Paseh Tuguraja Kota Tasikmalaya mengaku antusias terhadap kegiatan job fair yang sangat jarang diadakan tersebut. "Saya berharap lamaran saya bisa diterima di tempat kerja yang didambakan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya Hj Nunung Kartini kepada Koropak.co.id mengatakan, terdapat penambahan angka pengangguran di Kota Tasikmalaya dari 4,3 persen menjadi 6,8 persen.

"Ini merupakan PR bagi kami untuk bekerja lebih keras untuk bisa membantu penyerapan tenaga kerja. Kami terus mensupport kepada para pelamar dengan kemampuan masing-masing untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Hj Nunung menyampaikan pihaknya berencana untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) dan akan mencoba mengusulkannya kepada Kementerian Tenaga Kerja, juga anggota dewan yang tujuannya untuk membekali masyarakat Kota Tasikmalaya wawasan dalam melamar pekerjaan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Hj Yoke Yulianti mengapresiasi bursa kerja tersebut. Yoke berharap melalui bursa kerja tersebut angka pengangguran bisa berkurang.

"Kami berharap di Kota Tasikmalaya segera hadir BLK karena sangat penting seiring ketatnya persaingan global yang turut berdampak pada menyempitnya lapangan pekerjaan. Perusahaan memerlukan calon pegawai yang sudah siap kerja, salah satunya sudah mempunyai sertifikat keterampilan khusus. Oleh sebab itu BLK sangat dibutuhkan," katanya.*

Penulis : Atep Zulkarnaen


Berita Terkait