Anak Curi Kambing Untuk Dijual Ke Bapak

Jum'at, 27 April 2018 19:11 D. Farhan Kamil Daerah

Anak Curi Kambing Untuk Dijual Ke Bapak

Koropak.co.id - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya, berhasil mengungkap kasus pencurian hewan ternak berupa tiga ekor kambing di Kampung Laksanamekar Desa Karyamandala Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Dari pengungkapan kasus tersebut berujung pada penangkapan tiga orang pelaku, masing-masing ANA (26) alias Ucu, ALT (40) alias Aba dan AND (65). Ketiganya warga Kampung Negla Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Pribadi Atma mengatakan, berawal dari penangkapan ANA alias Ucu, yang diketahui bersama kedua orang temannya, IBN dan BEN keduanya masih dalam pencarian/DPO, mengendarai mobil Grandmax rentalan dan membawa dua ekor kambing hasil curian di Kampung Laksanamekar.
Dari kejadian tersebut muncul nama ANA dan ditangkap, Setelah dikembangkan dan bermodal keterangan dari ANA, dua orang yang memiliki keterkaitan dengan kasus tersebut yakni ALT dan AND ditangkap dan digelandang ke ruang tahanan Mapolres Tasikmalaya.

"Sadisnya, pencurian ini dilakukan oleh seorang anak yang kemudian dijual kepada bapaknya sendiri," kata Atma.

Dari mulut ANA, ia mengaku telah melakukan pencurian bersama dengan kedua temannya sebanyak tiga kali di beberapa tempat berbeda, yakni di Kecamatan Salopa dan berhasil menggodol dua ekor kambing. Kemudian di Cibalong dengan hasil tangkapan dua ekor kambing serta di Cijulang sebanyak 1 ekor kambing. Hasil tangkapannya itu, tiga ekor kambing telah dijual kepada bapaknya sendiri, AND dengan harga Rp 1,5 juta.

Sementara dari keterangan AND yang notabene ayah kandung ANA, ia yang mengaku tukang jual beli hewan ternak telah membeli tujuh ekor kambing antara lain dari anaknya sendiri sebanyak tiga ekor. Kemudian dari ALT alias Aba sebanyak empat ekor dengan harga Rp 2,5 juta. Ketujuh kambing tersebut kemudian dijual ke Pasar Simpang Bayongbong dengan harga Rp 4,3 juta.

Adapun pengakuan ALT alias Aba, ia membeli empat kambing dari seseorang yang kemudian dijualnya ke AND.

"Ketiga orang pelaku berikut sejumlah barang bukti telah kita amankan. Kasus ini akan terus dikembangkan untuk mencari pelaku lainnya serta mencari barang bukti yang diperkirakan masih berada di tangan-tangan pelaku lainnya. Para pelaku diancam lima tahun penjara," kata Atma.*

Penulis : Farhan

 


Berita Terkait