Tim Gabungan Sidak Pasar Singaparna

Rabu, 02 Mei 2018 19:29 D. Farhan Kamil Daerah

Tim Gabungan Sidak Pasar Singaparna

 

Koropak.co.id - Menjelang kedatangan bulan suci Ramadan 1439 H yang kemungkinan jatuh pada Kamis (17/5/2018) nanti, tim gabungan Polres Tasikmalaya bersama TNI, Satpol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tasikmalaya, melakukan sidak pangan di Pasar Tradisional Singaparna, Rabu (2/5/2018).

Tim gabungan yang dipimpin langsung Kapolres Tasikmalaya, AKBP Anton Sudjarwo itu, menyisir para pedagang di kios-kios pasar milik pemerintah daerah dan sejumlah lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) serta pasar swasta Singaparna, untuk memastikan tidak ada lonjakan harga dan minimnya pasokan sejumlah komoditas pangan kebutuhan masyarakat.

 

Tim Gabungan Sidak Pasar Singaparna

 

Meskipun ada beberapa harga komoditas yang mengalami kenaikan di samping pula ada yang mengalami penurunan, tetapi dipastikan tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

"Secara umum masih stabil. Kita tidak menemukan adanya kenaikan harga komoditas yang signifikan, ketersediaan pasokan juga masih cukup bagus. Tetapi ada yang patut dicermati lebih jauh terkait dengan beras. Untuk di pasar ini kebanyakan pengecer," tutur Anton.

Dikatakan, pemantauan harga dan pasokan komoditas akan berkelanjutan hingga datangnya bulan ramadan serta menjelang idulfitri.

"Kita pastikan akan menindak tegas kepada para pelaku usaha di pasar yang dengan sengaja melakukan penimbunan komoditas kebutuhan masyarakat. Mereka yang melanggar hukum akan kita tindak tegas sesuai ketentuan dan hukum yang berlaku," ucapnya.

Ditambahkan, sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga salah satunya cabai inul dari sebelumnya Rp 50 ribu per kilo gram menjadi Rp 25 ribu per kilo gram.

Adapun yang mengalami kenaikan terjadi pada harga telur ayam yang biasanya Rp 17 ribu per kilo gram, kini menjadi Rp 23 ribu per kilo gramnya. Sedangkan untuk harga ayam cukup bervariasi mulai Rp 22 ribu hingga 24 ribu per kilo gram.

Menurut pengakuan salah seorang pedagang ayam, Jajang Romli (51), harga jual ayam potong mengalami kenaikan rata-rata sebesar Rp 2 ribu per kilo gramnya. Awalnya Rp 32 ribu menjadi Rp 34 ribu. Sementara menurut H. Epey, harga ayam bisa mencapai angka Rp 125 ribu per kilo gramnya saat munggahan atau beberapa hari sebelum masuk bulan ramadan.*

 

 


Berita Terkait