PMR Wujud Upaya BI Tekan Laju Inflasi

Senin, 21 Mei 2018 18:41 Dede Hadiyana Ramadan

PMR Wujud Upaya BI Tekan Laju Inflasi

 

Koropak.co.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya menggelar Pasar Murah Rakyat (PMR) tahun 2018 titik ketiga yang dilaksanakan di Kecamatan Cihideung, tepatnya di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya, Senin (21/5/2018).

Dalam kegiatan tersebut, KPw BI Tasikmalaya turut menggandeng Pertamina untuk gas, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya untuk beras, Bulog untuk beras dan daging sapi, klaster BI untuk produk holtikultura seperti cabai hijau dan cabai merah, KADIN untuk telur, Indomaret, Plaza Asia, dan Yogya.

Manager Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Yusi Yuliana menuturkan kegiatan Pasar Murah Rakyat bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan dan Idulfitri dengan harga yang jauh lebih murah.

 

Baca pula : Bank Indonesia Sediakan Layanan Penukaran Uang

 

PMR Wujud Upaya BI Tekan Laju Inflasi

 

"Pada biasanya, saat puasa dan lebaran, permintaan kebutuhan bahan pokok mengalami lonjakan, sehingga menyebabkan harga-harga di pasar naik. Itulah sebabnya digelar Pasar Murah Rakyat, sebagai pasar penyeimbang," katanya.

Melalui kegiatan ini kami berupaya menekan inflasi atas harga-harga kebutuhan pokok," katanya.

Ditambahkan Yusi, dalam kegiatan Pasar Murah Rakyat disediakan komoditi meliputi gas, sembako, sayuran, dan minyak goreng dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.

"Alhamdulillah dari gelaran pertama hingga saat ini, respon masyarakat sangat bagus. Kami sangat bersyukur Pasar Murah Rakyat dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Kami berharap Pasar Murah Rakyat dapat mendorong harga kebutuhan pokok di pasar tetap stabil," kata Yusi.

 

Baca pula : Bincang KPBI Tasikmalaya Dengan Wartawan

 

Sebelumnya, dalam pembukaan Pasar Murah Rakyat yang digelar di Lapangan Karangsambung Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Jumat (18/5/2018), Kepala KPw BI Tasikmalaya Heru Saptaji menuturkan Pasar Murah Rakyat merupakan kegiatan rutin tahunan KPw BI Tasikmalaya bekerjasama dengan Pemkot Tasikmalaya, beberapa institusi serta kalangan pengusaha dan ritel.

"Pasar Murah Rakyat merupakan salahsatu upaya menekan laju inflasi. Seperti diketahui tekanan inflasi di Kota Tasikmalaya sumber utamanya adalah komoditas pangan. Jika kita bisa mempengaruhi harga di pasar yang begitu tinggi, kita harapkan harga di pasaran akan menurun, dan laju inflasi dapat terkendali," ujarnya.

Dikatakan Heru, Pasar Murah Rakyat kembali akan digelar di 4 tempat lainnya, yakni di Purbaratu (23-24 Mei), Cipedes (30-31 Mei), Mangkubumi (4-5 Juni), dan Kawalu (6-7 Juni).*

 

Baca pula : Rektor Unsil Apresiasi GenBI


Berita Terkait