Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan ke Kota Tasikmalaya

Selasa, 29 Mei 2018 12:05 Clara Aditia Ramadan

Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan ke Kota Tasikmalaya

Koropak.co.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian menggelar Safari Ramadan ke Brigif 13 Galuh, Siliwangi Kota Tasikmalaya, Senin (28/5/2018) Kota Tasikmalaya.

Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan ke Kota Tasikmalaya
Hadi Tjahyanto

Kedatangan dua panglima tertinggi di Indonesia itu disambut oleh Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto sangat terkesan dengan keindahan dan kerukunan di Kota Tasikmalaya. Selain kota yang bersih, menurut Dia, Kota Tasikmalaya juga dikenal dengan keramahannya. Dia akui sangat bersyukur bisa mengunjungi Tasikmalaya dengan keluarga besar TNI, dan Polri, serta bisa bersilaturahmi dengan para ulama dan masyarakat Tasikmalaya yang dikenal agamis yang mudah-mudahan bisa meningkatkan kualitas keislaman masyarakatnya.

"Di bulan suci Ramadan, kita berperang melawan hawa nafsu, dan berupaya mensucikan hati agar menjadi manusia yang bertaqwa dan muslim yang lebih baik. Sesungguhnya terdapat musuh yang harus kita perangis karena telah memicu pecah belahnya bangsa, yakni aksi radikalisme dan terorisme," tuturnya.

Selaku TNI, kata Hadi, bersama Polri, ulama, dan tokoh masyarakat diharapkan bisa terus bersinergi membangun bangsa dengan rasa aman, dan harus mengedepankan upaya pencegahan terhadap perkembangan radikalisme yang dapat berujung pada terorisme.

Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan ke Kota Tasikmalaya"Kita perlu bahu membahu dalam memberikan pemahaman yang positif serta merangkul seluruh komponen bangsa, serta mengambil tindakan prepentif untuk mencegah radikalisme yang akan berujung terorisme," katanya.

Islam, lanjut Hadi, adalah agama rahmatan lil alamin, sehingga Islam sesungguhnya adalah agama yang membawa rahmat bagi alam sekitar sebagaimana rasul diutus ke alam dunia untuk menyempurnakan ahlaq manusia agar memiliki ahlaq yang mulia dan bisa menjalankan tugasnya sebagai pemimpin di muka bumi menjadi rahmat bagi alam semesta.

Contoh sederhana dari rasul yang bisa diteladani adalah dalam hal dakwah dan menjalin silaturahmi melalui pendekatan humanis baik secara fisik maupun perkataan.

Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan ke Kota Tasikmalaya"Kita menyadari bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, dan sangat beragam suku dan bahasa. Dengan silaturahmi yang erat, keragaman suku, budaya, dan agama itu bukan menjadi penghalang. Silaturahmi yang kuat akan menjadikan bangsa lebih kokoh bersatu, di mana kebhinekaan adalah hal yang patut disyukuri karena Indonesia akan menjadi kuat melebihi bangsa yang lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima dan Kapolri menyerahkan 252 bingkisan bagi anak yatim piatu dan kaum duafa.

Selain berbuka bersama, kedua pimpinan tinggi itu juga melaksanakan salat tarawih di lokasi yang digelar di tenda pleton.

Sebelum pelaksanaan tarawih, Safari Ramadan ini semakin semarak dengan penampilan dari Charlie van Houtten, vokalis Setia Band.*


Berita Terkait