Ngabuburit Sambil Membuat Cilok

Selasa, 29 Mei 2018 14:25 Clara Aditia Ramadan

Ngabuburit Sambil Membuat Cilok

Koropak.co.id - Cilok adalah makanan asli Jawa Barat yang populer dan diminati banyak orang. Cilok terdiri dari dua kata Ci (Aci) Lok (Colok) artinya aci dicolok.

Ya, memang begitulah kalau orang sunda menamakan makanan, suka "kirata" (dikira kira tapi nyata), sama halnya dengan istilah makanan yang lainnya seperti Cireng (aci digoreng), Comro (oncom di jero) dan tentunya banyak lagi istilah lainnya.

Kembali ke Cilok, makanan populer dengan ciri khas bulat-bulat serta bertekstur kenyal empuk pada umumnya disajikan dengan saus sambal atau bumbu kacang. Sedangkan membuat kreasi lanjutan bisa diberi isi daging ayam ataupun sapi sesuai selera.

Bahkan kini tidak sedikit pula cilok yang berisikan berbagai olahan seperti telor, keju, dan masih banyak ragam isian lainnya. Cilok bisa juga digoreng ataupun dibakar. Di beberapa daerah seperti Riau dan Bengkulu, kuliner ini mirip dengan sate kojek dengan variasi ukuran yang lebih kecil.

Ngabuburit Sambil membuat cilokBerbagai cara membuat resep cilok selalu menarik. Kali ini Koropak.co.id akan membagikan resep cilok dengan adonan dasar sederhana yang memiliki tekstur kenyal, lebih empuk, dan mantap, sehingga bila disajikan dengan beragam saus atau bahkan bermacam isi tentunya akan terasa lebih spesial.

Adapun kombinasi perbandingan penggunaan tepung kanji dengan terigu, sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera masing masing. Perpaduan 50:50 dari pemakaian 2 jenis tepung akan menghasilkan cilok yang empuk dan kenyal yang pas, namun bisa mengkreasikan jumlah tepung kanji yang lebih banyak untuk tekstur empuk dan kekenyalannya sesuai selera, asalkan jangan tepung terigu lebih banyak dari tepung kanji agar adonan tidak menjadi keras.

Selain perbandingan 50:50, kita juga dapat membuat cilok yang kenyal, empuk, dan tidak alot dengan takaran yang berbeda, seperti menambahkan takaran tepung kanji. Selamat mencoba sambil ngabuburit.*


Berita Terkait