LJSK Berbagi Santap Sahur di Jalanan

Kamis, 31 Mei 2018 12:30 Dede Hadiyana Ramadan

LJSK Berbagi Santap Sahur di Jalanan

Koropak.co.id - Kamis (31/5/2018) dini hari, relawan dari komunitas Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) kembali menggelar aksi sosialnya Sahur On The Road. Kegiatan berbagi santap sahur kepada para tunawisma di sekitaran Kota Tasikmalaya, menjadikan sesuatu hal yang berbeda dari kegiatan yang biasa dilaksanakan komunitas lain.

Komunitas yang bersekretariat di Jalan Leuwidahu Pintu Rel 74 Indihiang Kota Tasikmalaya ini, sudah menjadi agenda tahunan dan sudah berlangsung sejak tahun lalu di bulan suci Ramadan. Bergerak dengan anggaran dana dari anggota dan beberapa donasi dari para agnia yang mendukung kegiatan ini.

Relawan menyurvei, masih banyaknya para tunawisma dipinggiran jalan sekitaran Kota Tasikmalaya dan tidak sedikit pula tunawiswa yang bersama anak-anaknya. Melihat hal itu, para relawan LJSK semakin semangat melaksanakan kegiatan Sahur On The Road ini.

Kepala Suku, Alan Ramlan mengungkapkan, untuk aksi tahun ini agak sedikit melenceng dari target. Awalnya menargetkan para tunawisma atau gelandangan, akan tetapi ketika turun ke lapangan para tukang becak yang tidak pulang ke rumahnya pun ikut terbagi.

 

LJSK Berbagi Santap Sahur di Jalanan

 

"Kita merasa iba melihat kondisi saat dilapangan, ternyata banyak juga para tukang becak yang tidak pulang kerumahnya, dengan demikian beliau itu tidak sahur dirumah bersama keluarga," ujarnya.

Sekitar 100 nasi box yang dibagikan oleh para relawan LJSK yang terbagi menjadi beberapa tim. Sepanjang Jalan RE Martadinata sampai Simpang Lima, seputaran Alun-alun Kota Tasikmalaya, sepanjang Jalan Mitra Batik hingga Pasar Lama, dan sepanjang Jalan Ir Juanda hingga bunderan By Pass Mangkubumi tim yang tersebar membagikan santap sahur.

Perencanaan akan melibatkan anak-anak yatim ditunda hingga pekan depan mengingat banyaknya kegiatan sosial serupa yang digelar komunitas lain, karena beberapa para relawan LJSK juga ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial tersebut.

Alan berharap, kegiatan sosial ini tidak hanya pada bulan Ramadan saja, bulan-bulan biasa pun harus sering diadakan karena mereka para tunawisma benar-benar membutuhkan uluran tangan dan kepedulian dari para dermawan.

"Kami selaku relawan mendukung penuh pada semua kegiatan sosial tersebut. Semoga apa yang kita lakukan sekarang khususnya di bulan yang penuh berkah ini menjadikan amal ibadah untuk semua," katanya.*