Inilah Sajian Lezat Khas Lebaran

Sabtu, 16 Juni 2018 08:46 Kemala Adiyatma Ramadan

Inilah Sajian Lezat Khas Lebaran

Koropak.co.id - Salah satu hal yang ditunggu-tunggu pada saat hari raya Idulfitri adalah hidangan khasnya. Momen lebaran diisi dengan bermaaf-maafan, silahturahmi dengan keluarga terdekat, dan pastinya makan-makan. Aneka masakan lauk khas nusantara biasanya memeriahkan meja makanan suasana lebaran setiap tahunnya.

Makanan yang paling wajib setiap lebaran yang kesohor adalah ketupat dan opor. Tapi bukan itu saja lauknya , setiap daerah punya makanan khas lebaran masing-masing. Karena, tradisi khas turun-temurun. Sehingga lebaran terasa tidak lengkap tanpa santapan tersebut.

Banyak orang bersiap menyambut hari raya Idulfitri ini dengan menyiadakan hidangannya. Berikut ini beberapa lauk khas lebaran dari berbagai daerah di indonesia. Hmm.. apa saja? Yuk, cari tahu di menu berikut ini.

1. Rendang, Padang
Di daerah Padang, lebaran tak lengkap rasanya kalau nggak masak rendang. Kuliner yang cita rasanya sudah go international ini memang juara nikmatnya kalau disantap bersama ketupat. Potongan daging sapi dimasak bersama santan dan bumbu halus yang kaya rempah menghasilkan rasa yang khas banget. Tampilan rendang memiliki warna cokelat kehitaman dan bumbu yang berminyak.

2. Bebek Gulai Kurma, Aceh
Bebek gulai kurma adalah kuliner khas lebaran dari Aceh. Hidangan ini berisi potongan bebek yang dimasak dengan daun pandan, daun temurui, dan serai serta diberi kuah santan. Aroma hidangan ini sangat menggoda selera. Penggunaan bumbu rempah seperti cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga juga menambah cita rasa hidangan ini. Walaupun ada kata ‘kurma’ di nama masakannya, bebek gulai kurma tidak menggunakan bahan dasar kurma sama sekali. Unik, ya?

Inilah Sajian Lezat Khas Lebaran

Baca pula : Tips Berwisata Kuliner

3. Gulai Nangka, Medan
Masih dengan tema santan, kalau di Medan wajib ada gulai nangka. Gulai nangka di Medan ada yang dimasak dengan potongan iga dan kacang panjang. Bumbu yang digunakan masih sama dengan bumbu gulai pada umumnya, seperti penggunaan cabai merah, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, jahe, serta lengkuas.

4. Semur Betawi, Jakarta
Daerah ibukota punya semur Betawi sebagai hidangan khas lebaran. Daging sapi untuk semur dimasak dengan kuah kecap hingga meresap. Kemudian diberi bumbu seperti ketumbar, merica, jintan, biji pala, lengkuas, dan jahe. Ada juga bumbu tambahan yang menambah cita rasa seperti kayu manis, cengkeh, serai, dan daun salam. Dinikmati dengan ketupat, pastinya hari Lebaran kamu bakal makin spesial!

5. Lodeh Terong, Pekalongan
Di Pekalongan, terong yang berwarna hijau dimasak menjadi hidangan lodeh. Selain terong, hidangan berkuah santan ini juga memiliki melinjo, potongan kacang panjang, dan yang membuatnya istimewa adalah bunga kecombrang. Jadi, cita rasa lodeh khas Pekalongan ini berbeda dengan daerah lainnya.

6. Kella Pate, Madura
Di Madura, hidangan ikan juga turut memeriahkan Lebaran. Kella Pate merupakan hidangan berupa potongan ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan. Bumbu halus yang mengandung jintan, kencur, dan terasi membuat kella pate punya rasa yang khas. Belum lagi ada irisan cabai dan belimbing wuluh di menu ini.

Itulah beberapa menu lebaran di berbagai daerah di Indonesia. kalau di tempatmu, ada makanan khas apa?.*

Baca pula : Kuliner Paling Dirindukan Pasca Ramadan


Berita Terkait