Aneka Makanan Populer Saat Lebaran

Minggu, 17 Juni 2018 09:51 Eris Kuswara Ramadan

Aneka Makanan Populer Saat Lebaran

Koropak.co.id - Hari raya Idulfitri hanya tinggal menghitung hari, pastinya hidangan lebaran yang akan disajikan pun harus special dan berbeda dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan pada moment tersebut, pada umumnya akan menjadi ajang silaturrahmi antar tetangga, teman dan keluarga besar. Selain ketupat, masih banyak lagi pilihan masakan yang bisa dihidangkan di saat lebaran, mulai dari yang berkuah santan, kuah bening, lauk kering, bakar, hingga yang kaya akan bumbu.

Sebenarnya hampir di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam pemilihan hidangan lebaran, akan tetapi sayangnya tidak banyak yang mengetahui dengan benar apa saja makanan khas lebaran yang pas dan banyak disukai. Berikut Koropak.co.id telah mengklasifikasikan beberapa makanan khas lebaran yang popular sepanjang masa.

1. Opor ayam

Olahan daging ayam ini termasuk hidangan yang banyak sekali difavoritkan oleh semua kalangan. Opor ayam bisa dibuat dari ayam kampung maupun ayam broiler. Selain itu hidangan berkuah santan ini memiliki sensasi rasa yang gurih dan nikmat sehingga cocok sekali untuk dihidangkan bersama ketupat ataupun nasi.

Aneka Makanan Populer Saat Lebaran2. Rendang daging

Rendang juga merupakan salahsatu hidangan khas lebaran yang cukup populer sepanjang masa. Anda juga bisa memilih daging sapi atau ayam untuk bahan yang akan dibuat rendang, karena keduanya pun memiliki rasa yang sama nikmatnya.

Baca pula : Kampung Steak And Blend

3. Sambal goreng hati

Ketupat juga akan terasa enak apabila dihidangkan bersama hidangan pelengkap contohnya seperti sambal goreng. Untuk sambal goreng, Anda pun bisa bebas memilih bahannya baik itu udang maupun hati. Namun agar terasa lebih nikmat, Anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti kentang, telur puyuh, kikil dan lainnya.

 4. Sate daging

Selain itu sate juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular sepanjang masa dan sate ini paling nikmat apabila disajikan bersama ketupat. Anda bisa memilih sate ayam, kambing atau sapi. Ditambah lagi dengan bumbu kacang yang nikmat dan tekstur dagingnya yang gurih, membuat hidangan ini laris manis saat lebaran.

5. Soto

Hampir setiap wilayah di tanah air memiliki resep soto khasnya masing-masing yang menggugah selera. Anda bisa memilih ingin membuat soto apa untuk lebaran mendatang, karena baik daging ayam maupun daging sapi keduanya sama specialnya dan memiliki daya tarik tersendiri.

Baca pula : Soto Kudus Kalektoran

6. Gulai

Gulai bisa dibuat dari bahan apa saja sesuai selera, baik daging kambing, ayam maupun sayuran. Gulai ini juga sangat cocok apabila dihidangkan bersama ketupat, terlebih lagi jika dilengkapi dengan hidangan sate maka akan dijamin kenikmatannya.*

 


Berita Terkait