Hasil Pleno Rekapitulasi KPU Kota Tasikmalaya

Rabu, 04 Juli 2018 17:22 Clara Aditia Pilkada

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Sudrajat-Syaikhu (ASYIK) unggul telak dengan raihan 164.720 suara. Disusul pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan 104.402 suara.

Di posisi ketiga, pasangan nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan raihan 73.502 suara, dan terakhir pasangan nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan dengan raihan 35.773 suara.

Hal itu mengemuka dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pilgub Jawa Barat tingkat Kota Tasikmalaya, yang digelar KPU Kota Tasikmalaya di Hotel City Kota Tasikmalaya, Rabu (4/7/2017).

Hadir Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr. Ade Zainul Muttaqin, serta unsur Komisioner, yakni Khotum Khotimah, Bambang Setiawan, serta jajaran Panwaslu Kota Tasikmalaya, yakni Ketua Rino Sundawa Putra, Divisi Organisasi dan SDM Nurjani, serta Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Ijang Jamaludin.

Hadir pula Sekda Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf, S.IK.,SH, Dandim, perwakilan Danlanud, perwakilan DanBrigif, Kajari serta para ketua PPK, dan para saksi dari tiap pasangan calon.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Dr. Ade zainul Muttaqin mengatakan tujuan dari Rapat Pleno tersebut adalah untuk merekap seluruh hasil perhitungan suara yang sudah dilakukan di tingkat daerah di Kota Tasikmalaya yang selanjutnya akan dihimpun dalam model hasil rekapitulasi tingkat Kota Tasikmalaya dari seluruh PPK.

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU Kota Tasikmalaya

Baca pula :
- Walikota Tasikmalaya Hadiri Pleno Rekapitulasi Tingkat Kota
- Di Kota Tasikmalaya, ASYIK Unggul

"Terimakasih kepada para PPK, hingga KPPS yang telah bekerja dan berupaya tanpa kenal lelah, tak kenal waktu libur, memberikan kinerja terbaiknya dari tahapan satu ke tahapan lainnya dalam melaksanakan Pilgub Jabar 2018. Semoga ini menjadi kontribusi untuk tegaknya demokrasi di Indonesia," kata Ade.

Ditambahkan Ade, terimakasih pula bagi mitra KPU Kota Tasikmalaya, yakni Panwaslu Kota Tasikmalaya beserta unsur Panwascam, hingga PPl yang telah mengawal dan mencegah upaya pelanggaran dan kecurangan Pemilu, sehingga ketika ada sesuatu yang keliru bisa diluruskan dengan pihak KPU.

"Pilgub Jabar 2018 di Kota Tasikmalaya berjalan aman, dan lancar. Saksi dari setiap paslon menerima hasilnya dan tidak ada yang keberatan," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Khotum Khotimah menuturkan partisipasi pemilih di Kota Tasikmalaya tertinggi di Jawa Barat. Berdasarkan hasil dari KPU RI, partisipasi pemilih mencapai 81,14 persen, disusul Kota Cimahi 80 persen, Kota Banjar 79.40 persen, dan Kabupaten Tasikmalaya 70,88 persen.

"Hasilnya, seperti kita lihat di rekapitulasi hari ini, di Kota Tasikmalaya, pasangan nomor urut 3 Sudrajat-Syaikhu unggul," ujar Khotum.

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU Kota Tasikmalaya

Baca pula :
- Panwaslu Kota Tasikmalaya siap Kawal Pilgub Jabar 2018
- Kominfo Siap Monitoring Pilgub Jabar 2018

Ketua Panwaslu Kota Tasikmalaya, Rino Sundawa Putra memberikan catatan selama proses Pilgub Jabar 2018 di Kota Tasikmalaya, terdapat beberapa catatan ketidaksesuaian data dan berita acara hasil rekapitulasi tingkat kelurahan dengan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan.

"Terkait data pemilih disabilitas, dan data pengguna hak pilih disabilitas akurat dan tidak berubah, hanya soal gender saja, laki-laki dan perempuan," katanya.

Ditambahkan Rino, juga memperbaiki kesalahan penulisan jumlah surat suara yang diterima KPPS dalam model DAA KWK di TPS 7 Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes, juga memperbaiki kesalahan penulisan data pemilih dengan pengguna hak pilih di TPS 4 Kelurahan Cibunigeulis Kecamatan Bungursari.

"Itulah rekomendasi dari kami. Semua hanya terkait teknis saja, tidak ada perubahan dengan perolehan hasil suara paslon," kata Rino.*


Berita Terkait