Rotasi dan Promosi Pejabat Administrator Dipertanyakan

Rabu, 04 Juli 2018 18:10 D. Farhan Kamil Daerah

Rotasi dan Promosi Pejabat Administrator Dipertanyakan

Koropak.co.id - Menyusul rotasi dan pomosi yang dilakukan terhadap 35 pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya mengaku kaget dan kecolongan.

Pasalnya, kegiatan tersebut dilakukan tanpa adanya informasi atau bahkan komunikasi dari pihak ekesekutif terhadap Komisi 1 sebagai mitra kerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya.

Baca pula : Bupati Tasikmalaya Rombak Susunan Pejabat Pemkab Tasikmalaya

Tidak dilibatkannya Komisi I dalam rotasi dan promosi tersebut, menimbulkan pertanyaan besar bagi pihak Komisi I, terkait aturan serta urgensi yang dijadikan landasan pertimbangan bupati untuk melakukan perombakan susunan pejabat di linkgungan Pemkab Tasikmalaya. Apalagi perombakan pejabat dilakukan beririsan dengan telah selesainya momen Pilgub Jawa Barat 2018.

"Rotasi mutasi dilakukan setelah Bupati Tasikmalaya ini kembali dari cuti kampanye, ini kan patut dipertanyakan. Apalagi dalam prosesnya sama sekali tidak ada informasi apapun dengan pihak Komisi I DPRD," tutur Ketua Komisi I DPRD Kabupten Tasikmalaya, Arif Rachman,SE, MM kepada Koropak, Rabu (4/7/2018).

Arif menegaskan, akan segera mengundang pihak Baperjakat guna meminta keterangan dan klarfikasi terkait rotasi dan promosi tersebut.

"Kita segera mengundang mereka untuk diklarifikasi. Apalagi ada persoalan yang cukup menggelitik, di mana ada pejabat yang baru dilantik, kemudian selang satu hari, pejabat tersebut dilantik kembali dengan posisi dan jabatan yang baru," katanya.

Baca pula :
- P4 dan BP7 Sangat Dibutuhkan
- Tenaga Harian Lepas Diangkat PNS
- Wakil Bupati Miliki Kewenangan Rotasi Mutasi

Hal ini kata Arif, jelas merupakan sebuah keteledoran dan menggambarkan tidak matangnya perencanaan. Sepertinya, rotasi dan promosi ini lebih kepada balas jasa. Terkait pemanggilan Baperjakat dan BKD, itu untuk mengklarifikasi rotasi dan promosi tersebut. "Kalau untuk memberi masukan ya tidak mungkin dan akan sulit. Kita malah kehabisan energi untuk bicara," ucapnya.

Ditambahkan Arif, hasil perombakan pejabat yang telah dan akan dilakukan oleh Bupati Tasimalaya, Uu Ruzhanul Ulum, diduga tidak akan bertahan lama, ketika nanti terjadi pergantian Bupati Tasikmalaya. "Tidak akan lama lagi akan dilakukan pergantian bupati, mari kita saksikan bersama bagaimana perombakan pejabat yang akan terjadi nanti," kata Arif.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Koropak, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Dr. Basuki Rahmat, M.Si tidak banyak berkomentar. "Inilah republik cinta," ucapnya singkat.*

 

Baca pula lainnya :
- Revisi RPJMD Memicu Konsekuensi Logis
- Revisi RPJMD Sebuah Keniscayaan
- Revisi RPJMD Diparipurnakan