Pemkot Tasikmalaya Tandatangani MoU dengan Kemendikbud

Jum'at, 06 Juli 2018 20:27 Clara Aditia Daerah

Pemkot Tasikmalaya Tandatangani MoU dengan Kemendikbud

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Balekota Tasikmalaya, Jumat (6/7/2018). Hadir dalam acara tersebut, Prof. Dadang Sunandar selaku Kepala Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Kemendikbud RI beserta Sutejo selaku Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyampaikan Badan Pengembangan Bahasa merupakan sarana untuk memartabatkan bahasa Indonesia di Kota Tasikmalaya.

"Kerjasama yang terjalin merupakan upaya untuk mendorong martabat bahasa Indonesia. Hal itu selaras dengan salah satu visi misi Kota Tasikmalaya yakni menjaga tata nilai termasuk ahlak, moral, budaya serta nilai nilai kebangsaan, salah satunya pemartabatan bahasa Indonesia di Kota Tasikmalaya," katanya.

Tentunya, kata Walikota, upaya pemartabatan bahasa Indonesia akan ditempuh dengan mengoptimalkan penggunaan bahasa Indonesia di tempat publik seperti mall, rumah sakit, restoran, hingga tempat wisata.
"Kita tidak anti dengan bahasa asing, akan tetapi lebih mengedepankan bahasa Indonesia. Ya, bahasa Indonesia merupakan prioritas sebagai bahasa persatuan, bahasa daerah harus dilestarikan, serta bahasa asing harus dikuasai," katanya.

Baca : Kota Tasikmalaya Raih WTP Kali Kedua

Dikatakan Walikota, kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti dengan lembaga pendidikan termasuk Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Tasikmalaya. Program yang disepakati antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Kemendikbud RI akan dapat lebih menjaga keutuhan bangsa, serta menjadikan bahasa Indonesia lebih bermartabat.*

 

Baca pula : Kontingen Kota Tasikmalaya Porda Jabar Dikukuhkan

 


Berita Terkait