DPRD Beri Catatan WTP Kota Tasikmalaya

Jum'at, 06 Juli 2018 20:13 Clara Aditia Parlemen

DPRD Beri Catatan WTP Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - DPRD Kota Tasikmalaya mengapresiasi raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun anggaran 2017. Opini WTP kali kedua diraih secara berturut-turut itu merupakan catatan membanggakan dalam susunan tata administrasi pemerintah dalam pelaksanaan pelaporan keuangan.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim S.Sos menyampaikan WTP merupakan penghargaan atas tertibnya administrasi yang menunjukan transparansi. Namun, WTP dua kali berturut-turut yang diraih Kota Tasikmalaya bukan berarti mulus tanpa ada kesalahan. Tetap saja ada beberapa temuan yang menjadi catatan BPK untuk Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Baca : DPRD Kota Tasikmalaya Gelar Paripurna APBD 2017

DPRD Beri Catatan WTP Kota Tasikmalaya

Hal itu disampaikan Muslim, S.Sos kepada Koropak usai memimpin Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Tindak Lanjut LHP BPK pada Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun 2017, dan Penyampaian Raperda Peraturan DPRD Kota Tasikmalaya tentang Tata Tertib DPRD yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jumat (6/7/2018). Dalam Rapat Paripurna tersebut, nota pembahasan panitia kerja dibacakan oleh Munir Setiawan.

Dikatakan Muslim, BPK mencatat temuan-temuan, salah satunya dana balarea yang digulirkan pada 2007 dan hingga kini tidak kunjung ada penyelesaian.

"Dana Balarea yang besarnya mencapai Rp 7 milyar itu merupakan bantuan Pemprov Jabar yang dititipkan di daerah untuk digulirkan sebagai modal usaha. Di Kota Tasikmalaya sendiri, dana itu macet di masyarakat, dan ini menjadi temuan BPK yang harus bisa segera disikapi dan dituntaskan Pemerintah Kota Tasikmalaya," katanya.

Namun, kata Muslim, bagi BPK, tetap saja Dana Balarea itu menjadi catatan yang harus segera dijelaskan. Jika bergulir, sudah jelas harus ada laporannya. Permasalahannya, data yang ada sudah tidak vallid. Ada masyarakat pemegang kredit yang sudah meninggal, dan lainnya.

Baca : DPRD Kota Tasikmalaya Tanggapi Tuntutan Massa

"Tetap, ini harus dipertanggungjawabkan secepatnya agar tidak muncul lagi muncul lagi jadi temuan. Adapula mengenai temuan volume pekerjaan. Ada selisih panjang, lebar, dan tebal, namun tidak besar, tidak sampai ratusan juta. Termasuk pula temuan pencatatan barang. Masih ada beberapa barang yang belum terlaporkan untuk dihapuskan," ujarnya,

Ditambahkan Muslim, menyikapi catatan tersebut, diharapkan Pemerintah Kota Tasikmalaya dapat secepatnya menyelesaikan supaya tidak lagi menjadi catatan temuan BPK.*

 

Lihat juga : DPRD Beri Catatan WTP Kota Tasikmalaya

 

 


Berita Terkait