DPRD Kota Tasikmalaya Pandang Penting Regulasi Tata Tertib DPRD

Selasa, 10 Juli 2018 16:05 Clara Aditia Parlemen

DPRD Kota Tasikmalaya Pandang Penting Regulasi Tata Tertib DPRD

 

Koropak.co.id - Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) pembahas Rancangan Peraturan DPRD Kota Tasikmalaya tentang Tata Tertib DPRD, Dede S.IP menilai keberadaan regulasi Tata Tertib DPRD yang merupakan penyelarasan dengan aturan baru, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, sangat penting dan urgent.

Hal itu disampaikan Dede S.IP yang juga merupakan anggota Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya itu kepada Koropak usai Rapat Pansus yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (10/7/2018).

Baca pula : Pansus Mulai Bahas Regulasi Tata Tertib DPRD

"Menyoal rumusan poin-poin yang terkandung dalam regulasi tersebut, belum kita sepakati karena pembahasannya baru dimulai hari ini. Namun perlu digaris bawahi, bahwa regulasi tersebut sangat urgent dibutuhkan," ucapnya.

DPRD Kota Tasikmalaya Pandang Penting Regulasi Tata Tertib DPRD


Aturan tersebut, kata Dede cukup urgent dibutuhkan karena mengatur mau seperti apa tugas, pokok, fungsi (Tupoksi), kewenangan, hak dan kewajiban DPRD Kota Tasikmalaya ke depan.

"Seperti apa kinerja dewan ke depan, bagaimana DPRD bisa berkontribusi ke pemerintah daerah, dipandu dan ditentukan dengan aturan Tata Tertib ini," katanya.

Baca pula : DPRD Kota Tasikmalaya Usulkan Regulasi Tata Tertib Dewan

Ditambahkan Dede, begitupun dengan upaya menjadikan DPRD sebagai lembaga yang bisa melakukan check and balance terhadap pemerintah daerah, serta meningkatkan produktivitas DPRD ke depan, diatur dalam aturan tersebut.

"Jadi, begitulah bagaimana urgensinya aturan tentang Tata Tertib DPRD tersebut dibutuhkan di DPRD Kota Tasikmalaya, karena turut menentukan kewenangan, hak dan kewajiban DPRD ke depan," ucap Dede.*


Berita Terkait