Hajat Tani Akan Digelar di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya

Selasa, 10 Juli 2018 17:13 Clara Aditia Parlemen

Hajat Tani Akan Digelar di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Menyemarakkan Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Kota Tasikmalaya, yang akan digelar pada 17 Juli 2018 mendatang, sejumlah persiapan terus digenjot. Termasuk menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan dihelat di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya pada hari puncak.

Hal itu disampaikan Ketua Kontak Tani Nasional Andalan (KTNA) Kota Tasikmalaya yang juga anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Munir Setiawan kepada Koropak usai Rapat Pansus pembahas Rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (10/7/2018).

"Untuk persiapan peringatan HKP, pembahasan dan perencanaan sudah dimulai oleh Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K). Akan ada perlombaan yang digelar di Kota Tasikmalaya, yang menjadi kegiatan penunjang di tingkat nasional, seperti perlombaan nangkap belut, ngupas kelapa, bongkar pasang traktor, hingga lomba naksir berat badan ternak," ucapnya.

Baca : Hari Krida Pertanian Tingkat Kota Tasikmalaya

Bahkan, kata Munir, di tingkat Kota Tasikmalaya sudah digelar rapat koordinasi yang dikoordinasikan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan. Termasuk dalam hal pengerahan masa di kecamatan.

"Pada hari puncak, tanggal 17 Juli 2018 akan digelar pameran hasil pertanian dari tingkat kecamatan yang dilombakan di tingkat kota. Ada kegiatan bazaar yang memasarkan hasil produksi tani, serta perlombaan di masing-masing BP3K yang akan dibawa ke tingkat Kota Tasikmalaya. Tidak ketinggalan ada pentas seni dari para petani," ucap Munir.

Esoknya, pada 18 Juli 2018, kata Munir, ada lomba ternak se-Jawa Barat di Kota Tasikmalaya. Seluruhnya akan dikonsentrasikan di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya.

Baca : Lindungi Kesejahteraan Petani

"Hajat tani, hajat rakyat juga. Ini terbuka untuk umum. Kami harapkan masyarakat bisa datang memeriahkan acara yang akan digelar di Lapangan Dadaha nanti," kata Munir.

Ditambahkan Munir, dalam dunia pertanian, pada peringatan Hari Krida Pertanian kali ini, yang menjadi titik sorot para petani adalah meningkatkan gairah produktivitas petani, dan meminta perhatian pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kota Tasikmalaya supaya lahan pertanian bisa dipertahankan, jangan sampai tergerus oleh pembangunan.*

 

Simak video berikut : Dua Perda Siap Dibahas DPRD Kota Tasikmalaya

 


Berita Terkait