Sekda Kota Tasikmalaya Apresiasi Sinar Pusaka Sukapura

Rabu, 11 Juli 2018 16:45 Clara Aditia Daerah

Sekda Kota Tasikmalaya Apresiasi Sinar Pusaka Sukapura

 

Koropak.co.id - Seni beladiri pencak silat adalah warisan leluhur budaya asli Indonesia. Keberadaanya sudah ada sejak jaman penjajahan sebagai upaya pembelaan diri dari intimidasi kaum penjajah terhadap pribumi bangsa Indonesia.

Kehadiran Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura menjadi bagian dalam melestarikan budaya bangsa, terutama budaya Sunda.

Baca pula : Silaturahmi Bersama Ormas dan LSM Se-Kota Tasikmalaya

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, yang juga sebagai Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura, Drs H Ivan Dicksan, dalam acara Sa-Abad Sinar Pusaka Sukapura, di Jalan Pataruman, Empang Sari Kota Tasikmalaya, Selasa (10/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, perwakilan perguruan pencak silat se-Kota Tasikmalaya, serta ratusan tamu undangan.

Dikatakan Ivan, keberadaan Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura mampu menjaga dan melestarikan budaya Sunda.

Baca pula : Kesbasngpol Kota Tasikmalaya Jalin Sinergitas

"Di usia yang se-abad ini, Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura sudah memiliki 7 cabang serta ribuan anggota dari berbagai kalangan usia, mulai anak-anak sampai orangtua yang masih eksis hingga saat ini," katanya.

Dikatakan Ivan, apresiasi patut disampaikan kepada Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura. Tidak sedikit prestasi yang telah ditorehkan di berbagai even, baik lokal maupun regional.

"Di tahun 2018, Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura genap berusia 100 tahun. Di usia satu abad tersebut, Perguruan Pencak Silat Sinar Pusaka Sukapura terus menunjukan perkembangan baik. Keberadaannya sangat kontributif dalam pembangunan di Kota Tasikmalaya," ujar Ivan.*


Berita Terkait