Kabupaten Ciamis Peringati Hari Jadi ke-376

Rabu, 18 Juli 2018 15:17 Rizal Amirullah Daerah

Kabupaten Ciamis Peringati Hari Jadi ke-376

 

Koropak.co.id - Kabupaten Ciamis merayakan hari jadinya yang ke-376 tahun yang jatuh pada 12 Juni 2018. Digelar serangkaian acara hingga mencapai puncaknya pada Selasa (17/7/2018).

Pada puncaknya, digelar Galuh Ethnic Carnival dan Festival Kesenian Tradisional yang dihelat di Alun-alun Ciamis. Selain pesta rakyat, juga digelar pengukuhan Pengurus Kebudayaan Kabupaten Ciamis secara langsung oleh Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, dan diserahkan secara simbolis kepada Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs.,M.Si, sebagai perwakilan dari Pengurus Kebudayaan Ciamis.

Baca : Riwayat Borosngora dan Bumi Alit Panjalu

Kabupaten Ciamis Peringati Hari Jadi ke-376


Banyak Helatan seni yang ditampilkan pada acara puncak HUT Ciamis ke-376 ini. Bahkan, tidak hanya kesenian asli Ciamis saja, turut ditampilkan kesenian dari daerah lain meliputi Mengmleng Winduraja, Kawin cai, Ronggeng, Rudat Indramayu, Badawang Kabupaten Garut, Badingkut Bandung Barat, Buta batok, Bebegig, Mabokuy, dan Urig Sarengseng Banjar.

Kegiatan dilanjutkan pada malam hari, dengan gelaran Wayang Golek. Ada sesuatu yang baru pada Galuh Ethnic Carnival kali ini, yakni berkolaborasinya Reog Ponorogo dan Begegig Baladewa dari Sukamantri.

Kabupaten Ciamis Peringati Hari Jadi ke-376


Adapun tujuan diadakan kegiatan seni ini adalah meningkatkan keragaman budaya lokal, sekaligus untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada masyarakat terhadap pentingnya pemeliharan terhadap kesenian tradisional.

Baca : Hajat Lembur Kampung Cirangkong

Tujuan lainnya adalah menumbuhkembangkan keanekaragaman kesenian tradisional, sebagai warisan budaya sehingga dikenal oleh masyarakat, serta meningkatkan peran seniman dan budayawan dalam mensosialisasikan kesenian tradisional kepada masyarakat Kabupaten Ciamis sebagai aset yang dapat memperkaya kearifan lokal.*