Iyus Rustandi : Mulianya Tugas Babinsa Bagi Seorang Prajurit

Jum'at, 10 Agustus 2018 19:08 Admin Opini

Iyus Rustandi : Mulianya Tugas Babinsa Bagi Seorang Prajurit

 

Koropak.co.id - Iyus Rustandi

 

KOMANDO kewilayahan, terutama Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi yang berada di Provinsi Jawa Barat, adalah suatu organisasi Komando Utama (Kotama) di bawah TNI Angkatan Darat yang membawahi 4 Komando Resort Militer (Korem) yaitu Korem 061/Surya Kencana di Bogor, Korem 062/Tarumanagara di Garut, Korem 063/Sunan Gunung Jati di Cirebon dan Korem 064/Maulana Yusuf di Banten.

Kemudian Korem 062/Tarumanagara, membawahi 5 Komando Distrik Militer (Kodim), di antaranya Kodim 0609 di Cimahi Kabupaten Bandung, Kodim 0610 di Sumedang, Kodim 0611 di Garut dan Kodim 0612 berada Tasikmalaya, serta Kodim 0613 berada di Ciamis.

Untuk Kesatuan Kodim 0611/Garut membawahi 23 Komando Rayon Militer (Koramil), mulai Koramil 1101/Garut Kota sampai dengan 1123/Cisewu.

Sedangkan Koramil 1117/Singajaya adalah salah satu Koramil yang berada di bawah jajaran Kodim 0611/Garut yang membawahi 3 kecamatan sebagai tanggung jawab teritorial yang ada di bawah Koramil 1117/Singajaya yaitu Kecamatan Singajaya, Kecamatan Pundeuy dan Kecamatan Cihurip.

Sedangkan pembagian wilayah berdasarkan teritorialnya, meliputi Kecamatan Singajaya terdiri dari sembilan desa, Kecamatan Peundeuy terdiri dari 6 desa, dan Kecamatan Cihurip terdiri dari 4 desa, sehingga jumlah tanggung jawab desa yang ada di teritorial Koramil 1117/Singajaya berjumlah 19 desa.

Dengan demikian ada 19 Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di Wilayah Koramil 1117/Singajaya dan menjadi tanggung jawab secara teritorial.

Desa Pangrumasan merupakan desa paling ujung yang berada di Kecamatan Peundeuy. Salah satu desa yang berada di wilayah hukum Koramil 1117/Singajaya. Secara teritorial, desa tersebut berbatasan langsung dengan Kecamatan Cibalong yang masuk wilayah hukum Koramil 1119/Pameungpeuk.

Adalah Sersan Dua (Serda) Budi Santoso, anggota Koramil 1117/Singajaya yang bertugas sebagai Babinsa yang diberi tanggungjawab di wilayah Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, yang setiap saat wajib melaporkan kegiatannya kepada Staf Koramil 1117/Singajaya atau Danramil 1117/Singajaya selaku Komandan.

Serda Budi adalah seorang prajurit lulusan angkatan tahun 2000 dari Tamtama. Sebelumnya, Serda Budi bertugas di Satuan Yonif/303 Kostrad yang berada di daerah Kecamatan Cikajang.

Serda Budi Santoso merupakan seorang suami dari Yusy Nurheni Wijayanti dan seorang ayah dari Restu Prawira Pratama dan Rio Guntur Dwi Ardhana. Sekarang, Serda Budi sekeluarga tinggal di daerah Kecamatan Cikajang, tepatnya di Kampung Cigembong RT 05/RW 07, Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Sebagai seorang Babinsa, Serda Budi Santoso mempunyai tekad yang sangat kuat dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Babinsa.

Dengan dibekali motor dinas dari satuan Kodim 0611/Garut, yaitu motor KLX yang merupakan pembagian dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang diterima sekitar tahun 2015.

Motor tersebut sangat membantu seorang Serda Budi yang setiap harinya harus menempuh perjalanan lebih dari 35 km dari tempat tinggalnya, menuju Markas Koramil 1117/Singajaya dan dilanjutkan menuju Desa Pangrumasan yang merupakan wilayah desa tanggung jawabnya dengan jarak 15 km dari Koramil 1117/Singajaya.

Tidak ada keluhan bagi seorang Serda Budi dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Babinsa. Setiap hari selalu menghadapi medan yang begitu terjal. Apalagi sekarang, dihadapkan dengan kondisi jalan yang sangat rusak. Saat turun hujan, terkadang membuat Serda Budi harus tinggal beberapa hari di Desa Pangrumasan, karena dinilainya tidak mungkin dipaksakan jika harus kembali lagi ke Markas Koramil 1117/Singajaya seiring dengan resiko yang harus dihadapinya, yakni longsor atau kecelakaan karena licinnya jalan.

Kehadirannya sebagai Babinsa di Desa Pangrumasan sangat membantu sekali warga yang ada di desa tersebut. Tidak terkecuali Kepala Desa Pangrumasan, Iwan Sutiawan.

Iwan menilai, hadirnya Serda Budi Santoso di daerahnya sangat dibutuhkan sekali. Selain membantu menjaga keamanan, ketertiban serta menjaga keutuhan wilayah Desa Pangrumasan, Serda Budi juga selalu membantu penjagaan hutan lindung dari para pencuri kayu dan selalu hadir disetiap kegiatan yang bersifat untuk kepentingan warga, seperti kegiatan Puskesmas, kegiatan Bidan Desa.

Serda Budi hadir, berdiri dan berjibaku di tengah-tengah warga, untuk membantu keinginan serta kebutuhan warga. Mulai dari kegiatan kerja bakti pada pembuatan jalan, Tembok Penahan Tebing (TPT), dan pembangunan infrastuktur lainnya yang menggunakan anggaran dari Dana Desa.

Bersama bidan desa, Serda Budi selalu memberikan penyuluhan akan pentingnya kesehatan, mengingatkan ibu hamil agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar anaknya betul-betul bisa terjaga kesehatannya, membantu ibu hamil untuk datang ke Posyandu dan membantu pelaksanaan imunisasi balita.

Koordinasi dengan Puskesmas setempat dalam menjalankan kegiatan seperti KB Kesehatan dan pelayanan tetap terlaksana dengan baik. Termasuk kegiatan pertanian dalam rangka pendampingan pertanian terhadap Kelompok Tani (Poktan) bersama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) serta kegiatan yang bersifat pendidikan.

Serda Budi menjalin koordinasi dengan para kepala sekolah dan guru-guru, agar pada saat waktunya istirahat, para siswa dibatasi tidak boleh keluar dari sekolah karena terkadang para siswa masih sering berkeliaran di saat jam sekolah dan yang lebih penting lagi agar sekolah bisa menjaga kondusivitasnya.

Selama ini komunikasi dan silaturahmi antara warga Desa Pangrumasan dengan Serda Budi selaku Babinsa berjalan sangat baik.

Serda Budi berpendapat tugas Babinsa yang diembannya merupakan tugas dan tanggung jawab yang sudah menyatu dalam dirinya. Ini menunjukan bahwa Desa Pangrumasan beserta warganya adalah keluarga kedua bagi seorang Serda Budi. Apapun kesulitan warga yang ada di desa Pangrumasan adalah kesulitan buat dirinya.

Dengan demikian, meskipun Desa Pangrumasan sangat jauh dari pusat pemerintahan kecamatan, kehadiran seorang Serda Budi sangat membantu untuk kepentingan warga Desa Pangrumasan.

Semoga hadirnya Serda Budi Santoso sebagai Babinsa Desa Pangrumasan, dapat menjadi teladan, khususnya bagi warga Desa Pangrumasan, dan umumnya bagi anggota Koramil 1117/Singajaya, juga bagi Satuan Kodim 0611/Garut.*

 

Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca Koropak, isi dari opini di luar tanggung jawab redaksi. Cara kirim tulisan, klik disini !


Berita Terkait