Desa Situsaeur, Desa

Senin, 20 Agustus 2018 13:53 Dedi Sofwan Desa

Desa Situsaeur, Desa

 

Koropak.co.id - Siapa yang tidak kenal denga nama Situsaeur. Salah satu nama desa yang berada di wilayah Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Desa tersebut terkenal karena masyarakat di dalamnya hidup dengan damai, kental gotong royong, sehingga tak aneh jika Situsaeur ini disebut "Desa Gotong Royong".

Budaya gotong royong yang melekat dalam kehidupan masyarakat Desa Situsaeur, tidak muncul begitu saja, tetapi tumbuh sejak lama hasil kerja keras para sesepuh desa yang diwariskan secara turun temurun.

Dijumpai Koropak, Minggu (19/8/2018) Kepala Desa Situsaeur, Agus Mulyadi mengatakan, sifat gotong royong memang sudah mengakar pada kehidupan warga dan itu semua berkat jasa para sesepuh Desa Situsaeur.

Baca : Camat Karangpawitan Pimpin Apel HUT RI
Baca : Seorang Kakek Menangis- Di Upacara HUT RI Karangpawitan

Salah satu contoh, ucap Agus, apabila ada salah seorang warga yang berduka, seperti meninggal dunia, maka semua proses pengurusan jenazah sampai pemakaman, bahkan tahllilan, seluruhnya ditanggung oleh warga.

"Begitu juga kalau ada keluarga pra sejahtera sakit, secara spontan warga langsung membantu tanpa harus ada perintah dari RT, RW, bahkan Kepala Desa," kata Agus.

Sampai saat ini, ada beberapa sesepuh desa yang masih hidup sebagai pelaku dan pewaris sifat kegotongroyongan di masyarakat desa ini. Di antaranya Kosim (85), Undang (76), Mamat (76), Osid (76).

Untuk menghargai jasa para sesepuh tersebut tambah Agus, pihak desa telah memberdayakan mereka di lingkup Pemerintahan Desa Situsaeur, sebagai penasehat dan pembimbing seluruh perangkat desa, mulai dari Kepala Desa sampai Staf Desa.

"Itu sebagai bentuk terimakasih kami kepada para sesepuh, karena berkat merekalah, Masyarakat Desa Situsaeur menjadi Masyarakat Desa Gotong Royong," ucapnya.*

 

Baca pula : Semangat Gotong Royong Di Kawali Kidul
Baca pula : Pemprov Jabar Bangun Rumah Hafiz



 


Berita Terkait