Delapan Begal Keji Diringkus Polisi

Jum'at, 24 Agustus 2018 11:55 Dede Hadiyana Daerah

Delapan Begal Keji Diringkus Polisi

 

Koropak.co.id - Polres Tasikmalaya Kota beserta jajaran Polsek telah berhasil melakukan pengungkapan kasus begal yang meresahkan masyarakat Kota Tasikmalaya belakangan ini. Dalam konferensi pers yang digelar Polres Tasikmalaya Kota, Kamis (23/8/2018) para pelaku yang berhasil diciduk berjumlah delapan orang. Sementara dua orang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yang saat ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf, S.I.K, SH menuturkan, delapan orang itu telah melakukan berbagai jenis kejahatan dengan kekerasan. Korban mereka adalah para pengendara motor dan konter ponsel di wilayah hukum Tasikmalaya.

"Dalam aksinya, para tersangka tidak segan melukai tersangka dengan senjata tajam kepada para korbannya para pengendara motor baik di malam atau siang hari. Para pelaku, beberapa di antaranya merupakan anggota dari Brigez Kabupaten Tasikmalaya. Ke-delapan tersangka yang diciduk antara lain TS (32), AH (24), GA (28), PP alias Fey (30), M (27), AH alias Sem (26), ZA (28), dan IM (22)," katanya.

 Koropak.co.id - Delapan Begal Berhasil Diciduk (2)
Ada 14 titik Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dijadikan lokasi operasi para pelaku dalam kurun waktu tiga hari. Ketika beraksi, para pelaku membawa senjata tajam, shock breaker motor, dan senjata api jenis Soft Gun.

"Mereka ini merupakan senior, dan pimpinan dari kelompok motor Brigez di Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan, salah satunya mengaku sebagai panglima perang di kelompok motor Brigez," ucapnya.

Kejahatan yang dilakukan, kata Kapolres, sangat terorganisir dan terbilang sadis, dengan modus bergerak secara berkelompok untuk mengincar korban, kemudian melakukan perampasan dengan mengancam menggunakan senjata tajam serta melakukan penganiayaan.

Selain mengamankan delapan orang pelaku, polisi juga mengamankan 7 sepeda motor, dan 19 ponsel yang merupakan hasil kejahatan mereka. Para pelaku dijerat Pasal 365 juncto 64 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara sembilan tahun.

 

Koropak.co.id - Delapan Begal Berhasil Diciduk (3)

 

Baca : Waspada Begal Kembali Beraksi di Tasikmalaya

 

Sebelumnya, diberitakan Koropak, warga Tasikmalaya diresahkan oleh aksi komplotan begal terhadap pengendara motor. Aksi begal sendiri sudah terjadi di enam lokasi, di antaranya Gunung Goong dan Pasir Bokor Jalan Baru Mangin. Berbagai modus dilancarkan pelaku, hingga pelaku dengan keji sengaja menendang korban sampai terjatuh, lalu merampas motor korban.

Seperti halnya aksi begal yang terjadi di Kampung Sukasari RT 03/ RW 07 Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya Sabtu (11/8/2018). Korban bernama Asep Sandi Suryawinata (39) dari arah depan dan belakang korban dihadang oleh pelaku yang langsung menganiaya korban dengan senjata tajam yang tepat mengenai kepala korban. Seketika sepeda motor korban, Honda Spacy bernomor polisi B.3352.TNN dirampas, dan pelaku meninggalkan korban yang tergeletak bersimbah darah.*

 

Baca pula : Korban Salah Tangkap Alami Trauma

 


Berita Terkait