Bupati Garut Tinjau Tempat Relokasi Cisompet

Kamis, 30 Agustus 2018 16:21 Dedi Sofwan Daerah

Bupati Garut Tinjau Tempat Relokasi Cisompet

 

Koropak.co.id - Bupati Garut Rudy Gunawan, mengunjungi tempat relokasi korban pergeseran tanah di Kampung Lengkong Desa Sindangsari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, Rabu (29/8/2018).

Bupati Garut mengatakan, sudah menjadi kewajibannya sebagai Kepala Daerah untuk membantu warganya yang tengah kesulitan akibat bencana. Salah satunya memenuhi kewajiban kepada korban pergeseran tanah yang saat ini ditempati.

Menurut Rudy, ada beberapa hal yang akan dilakukan guna memenuhi kebutuhan warga di relokasi tersebut. Di antaranya pembangunan jalan menuju tempat relokasi, pengadaan air bersih, pengadaan tanah dan pembangunan insfrastruktur seperti masjid, sekolah, penerangan jalan, dan listrik.

"Apabila tempat tinggal yang dulu sudah cukup aman untuk ditempati, kami persilahkan untuk tinggal kembali di sana karena itu masih milik warga. Dengan demikian warga Kampung Lengkong akan memiliki tempat tinggal dua, yaitu ditempat asal dan di lokasi relokasi," ucapnya.

Pantauan Koropak ada sekitar 202 unit rumah dengan ukuran 42 meter persegi yang sedang dibangun warga di tanah yang disediakan oleh Pemeritah Kabupaten Garut. "Ke depannya tanah ini akan kita sertifikatkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan sepenuhnya akan menjadi milik warga korban pergeseran tanah," katanya.

 

Koropak.co.id - Bupati Garut Tinjau Tempat Relokasi Cisompet 2

 

Baca : Jembatan Rawayan Cisompet Garut Diresmikan

Sementara itu, Camat Cisompet, Titin Wartini menyampaikan terimakasih atas perhatian Pemda Garut terhadap masyarakat Cisompet yang terkena dampak pergeseran tanah di Kampung Lengkong Desa Sindangsari Kecamatan Cisompet.

”Kini masyarakat bersyukur dengan adanya tempat relokasi ini, merupakan cermin bahwa Pemkab Garut sangat memperhatikan masyarakatnya," katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sindangsari Otang. Mewakili masyarakat Desa Sindangsari, Otang menyampaikan terimakasih atas perhatian Bupati Garut karena mereka kini bisa menempati tempat yang baru. "Kami juga sampaikan terimakasih kepada LSM GMBI yang telah berjuang bersama kami sehingga tempat relokasi ini bisa terwujud," tuturnya.*

 

Baca : Bupati Garut Launching Model Desa RHL Berbasis DAS


Berita Terkait