Danramil Ajak "Ngadu Bako" Plus Ngopi Bareng

Kamis, 30 Agustus 2018 16:27 Dedi Sofwan Daerah

Danramil Ajak

 

Koropak.co.id - Beragam cara dilakukan Danramil 1117/ Singajaya Kapten Inf. Iyus Rustandi untuk lebih mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat yang ada di wilayah binaan teritorialnya.

Salah satunya dengan mengajak masyarakat Kecamatan Singajaya dan Kecamatan Peundeuy untuk "Ngadu Bako dan Ngopi Bareng". Seperti yang dilakukan di Aula Koramil 1117/ Singajaya, Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut, Rabu (29/8/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca), kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari dua kecamatan yakni Kecamatan Singajaya dan Kecamatan Peundeuy.

Baca pula : Dandim 0611/ Garut Jadi Narasumber PPS

 

Koropak.co.id - Danramil Ajak Ngadu Bako Plus Ngopi Bareng (2)

Baca : Danramil 1117/ Singajaya Becengkrama dengan Siswa

 

Danramil menuturkan tujuan kegiatan ngadu bako dan ngopi bareng ini bukan ngopi bareng saja, tetapi lebih dari itu, pihaknya sebagai anggota TNI yang lahir dari masyarakat, ingin lebih mempererat lagi tali silaturahmi dengan masyarakat yang melahirkan TNI.

"Dalam pertemuan ini, kita bertukar pikiran tentang wawasan kebangsaan. Khususnya bagi generasi muda, yang semakin hari rasa kebangsaannya semakinluntur," ucapnya.

Pihaknya tidak mau generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan sudah tidak punya lagi rasa nasionalisme yang kuat. "Coba liat sekarang, kalau ada seseorang lagi menaikan bendera Kebangsaan Merah Putih dan kebetulan ada pelajar atau pemuda lewat, apa akan berhenti dulu sejenak untuk menghormati penaikan bendera tersebut?, kenyataannya tidak," kata Danramil.

Baca : TNI dan Warga Buka Akses Bagi Petani Kopi

 

Oleh sebab itu, lanjut Danramil, sebagai generasi yang bertanggungjawab terhadap pemahaman rasa nasionalisme dan kebangsaan bagi generasi muda sekarang, sepakat untuk membuat pola atau cara bagaimana rasa kebangsaan serta nasionalisme generasi muda semakin kuat dan tetap tertanam dalam jiwanya.

"Salah satunya dengan penerapan pendidikan karakter melalui kesadaraan bela negara. Semoga silaturahmi ini tidak sebatas ceremonial saja, tetapi bisa dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan nyata," tuturnya.

Sementara itu Camat Singajaya Herry Djunaeri, mengatakan sangat mengapresiasi kepada Pak Danramil dan jajarannya yang telah menggelar kegiatan silaturahmi ini. "Justru dengan cara santai, tidak formal, ide, pendapat atau persepsi kita bisa nyambung," ucapnya.

Semoga apa yang sudah dikerjakan oleh Danramil 1117/ Singajaya, kata Herry, bisa dijadikan contoh dan dilaksanakan di tempat lain.*

 

Baca pula : Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadan Ke Kota Tasikmalaya


Berita Terkait