Penyelesaian Pembangunan SOR Kabupaten Tasikmalaya Tak Pasti

Kamis, 13 September 2018 08:49 D. Farhan Kamil Daerah

Penyelesaian Pembangunan SOR Kabupaten Tasikmalaya Tak Pasti

 

Koropak.co.id - Munculnya sejumlah spanduk yang dipasang di jalur utama masuk komplek perkantoran Pemkab Tasikmalaya, salah satunya menyoal nasib pembangunan Sarana olahraga (SOR) di Kaliki Mangunreja, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya, Drs.H. Yusef Yustisiawandana, ST, MM mengaku, hingga kini belum dapat dipastikan kapan proyek pembangunan SOR yang mulai dilaksanakna pada tahun 2012 dengan sumber anggaran dari provinsi itu, dapat diselesaikan.

Pasalnya, di penghujung tahun 2018 ini pun baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat, tidak ada tanda tanda akan mengucurkan dana segar untuk menyelesaikan mega proyek tersebut. "Kita masih butuh dana sekitar Rp 125 milyar untuk menyelesaikan SOR secara keseluruhan termasuk bangunan pendukungnya," papar Yusep kepada Koropak, Rabu (14/9/2018).

 


Penyelesaian Pembangunan SOR Kab. Tasikmalaya Tak Pasti 1

 

Dikatakan, sekedar untuk biaya pemeliharaan SOR minimal Rp 100 juta per tahun, pemerintah belum dapat mengalokasikan anggaran. Maka wajar jika kondisi lapangan sepakbola yang sudah ditanami rumput hijau pun, kini menguning dan kering bahkan beberapa bagian rusak. "Kita sudah mengusulkan kepada pemerintah, mudah mudahan pada APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019, ada alokasi anggaran untuk pemeliharan SOR," tuturnya.

Sebagai solusi atas persoalan itu, Pemkab Tasikmalaya telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 125 milyar kepada pemerintah pusat melalui Kemenpora maupun provinsi. Mudah mudahan sebelum berakhir RPJMD pada tahun 2021 nanti atau masa pemerintahan periode kedua Uu-Ade, pembangunan SOR sudah selesai. "Anggaran sebesar itu, antara lain untuk pembangunan tribun barat, penyelesaian tribun timur, lapangan bulu tangkis, bola voli, ruang ganti pakaian, kantor KONI dan lain sebagainya," ujarnya.

 

Penyelesaian Pembangunan SOR Kab. Tasikmalaya Tak Pasti 2

 

Ditambahakan, dari beberapa program prioritas yang diusulkan masuk ke dalam revisi RPJMD Kabupaten Tasikmalaya, adalah penuntasan pembangunan stadion Kaliki, termasuk jalan Cisinga, jalan lingkar utara dan selatan. "Kita berharap minimial jalan lingkar utara dari Cikunir Singaparna sampai Taneuh Beureum Mangunreja dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 80 milyar untuk pembebasan lahan dapat didahulukan, seiring dengan rencana pembangunan pasar dan terminal Kabupaten Tasikmalaya di wilayah Padakembang," kata Yusef.

Ia pun berharap, anggaran tahun 2019 untuk pembebasan lahan peruntukan jalan lingkar utara dari Cikunir-Cisinga sebesar Rp 30 milyar, dapat terealisasi.*

 

Baca : Dana SOR Digerogoti Beban Pilkada?