Ustaz Abdul Somad Ingatkan Jamaah untuk Berdzikir

Jum'at, 05 Oktober 2018 20:16 Clara Aditia Daerah

Ustaz Abdul Somad Ingatkan Jamaah untuk Berdzikir


Koropak.co.id - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyapa puluhan ribu jamaah dalam gelaran Tabligh Akbar yang dipusatkan di lapangan Jamilega Desa Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (5/10/2018). Tabligh Akbar bertema "Menjalin Persatuan Ummat dan Menghidupkan Ahlak Mulia" itu, merupakan rangkaian puncak Gema Muharram 1440 Hijriah Inayah FM Ponpes Suryalaya.

Dalam ceramah UAS yang lantang bergema, para jamaah diajak untuk senantiasa berdzikir, mengingat Allah SWT. Karena berdzikir menjadi benteng dari segala godaan syaitan yang senantiasa ingin menyesatkan umat manusia.

"Umat manusia di dunia, dalam pasal agama diikat dengan kalimat tauhid Laa illaaha illallaah. Di negeri ini, umat beda agama diikat oleh NKRI, dan dalam tatanan internasional, kita juga diikat dengan kemanusiaan. Ini yang harus kita tekankan. Kalau tidak menjunjung tinggi ikatan antar umat, yang ada akan saling memusuhi, baik antar suku, agama, bahkan negara," paparnya.

UAS mengharapkan, sekumpulan umat khususnya para santri yang begitu banyak, bisa menjadi sebuah kekuatan persatuan. Maka setelah pengajian ini, diharapkan ada action/aksi, baik itu perbaikan terhadap pendidikan, ekonomi, bahkan juga politik.

"Umat Islam bukan sekedar buih di tengah lautan, yang diterpa ombak kemudian pecah. Jadikan tabligh akbar ini sebagai tahap awal memupuk persatuan umat dan menghormati perbedaan. Memang kita tidak bisa menyatukan perbedaan, tetapi kita didorong untuk bisa memahami satu sama lain. Setelah saling memahami, maka akan bisa hidup bersama dengan rukun. Sebaliknya, jika tidak bisa saling memahami, yang ada malah akan saling memusuhi," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Ustaz Abdul Somad Ingatkan Jamaah untuk Berdzikir (3)

 

Baca : Luar Biasa, Tabligh Akbar UAS Dipadati Puluhan Ribu Jamaah

UAS berpesan untuk generasi muda di era digital ini, agar memperbanyak berdzikir. Dalam gerak berdzikir, dalam diam berfikir. Perkaya wawasan ke-Islaman dengan bertanya kepada para ahli.

"Untuk dapat maju, generasi muda harus memulainya dengan bangkit dari dalam diri sendiri. Hidup sekali harus berarti. Karena saat ini, banyak yang menyianyiakan hidup, dengan hura-hura, poya-poya, membuang waktu percuma. Lebih baik belajar berdzikir, agar hidup dapat lebih bermakna, karena dzikir juga menjaga kita dari perbuatan negatif, juga penyakit hati," tuturnya.

Dari pantauan Koropak di lapangan, Ustaz Abdul Somad mengawali kegiatannya di acara Gema Muharram Ponpes Suryalaya dengan ziarah ke makam KH. Shohibulwafa Tajul Arifin atau Abah Anom. Dilanjutkan dengan Shalat Jumat di Masjid Nurul Asror yang berada di Kompleks Ponpes Suryalaya, disusul kemudian UAS bertukar cenderamata dengan keluarga besar Ponpes Suryalaya.

Cenderamata diserahkan oleh Sesepuh Ponpes Suryalaya, KH. Zaenal Abidin Anwar. Selain itu, turut digelar penyerahan bingkisan majalah Sinthoris yang diserahkan oleh Agus Samsul Basar.

 

Koropak.co.id - Ustaz Abdul Somad Ingatkan Jamaah untuk Berdzikir (2)

 

Baca : Warga Desa Tanjungkerta Siap Sambut UAS


Sekitar pukul 14.00 WIB, Ustaz Abdul Somad yang telah dinanti-nanti puluhan ribu jamaah, tiba di lapangan Jamilega dan memberikan tausiyahnya selama 60 menit. Sepanjang tausiyah, seluruh jamaah yang hadir terlihat begitu khusyuk mendengarkan setiap siraman ruhani yang disampaikan UAS, meski berada di bawah terik panas matahari.

"Kesan saya ketika silaturahmi ke Ponpes Suryalaya ini, ada magnet yang luar biasa dari sosok Abah Anom. Meskipun beliau sudah wafat, namun magnetnya terasa masih sangat kuat. Maka saya tekankan jangan kalian anggap mereka sudah meninggal, karena mereka tetap hidup dalam hati. Seperti halnya Abah Anom yang tetap hidup dalam sanubari para santri Ponpes Suryalaya, karena selalu bersama dalam tawasul, dan dalam dzikir," ujar Ustaz.

Di akhir ceramah, UAS menyebutkan bahwa kedatangannya ke Ponpes Suryalaya, hanya menjadi satu dari sekian banyak tamu yang sudah berkunjung ke Ponpes Suryalaya. Kunjungannya itu juga menjadi pengalaman berharga baginya. UAS berharap, Ponpes Suryalaya senantiasa dapat menebar kebaikan dan keberkahan bagi umat.*

 

Baca pula : Lomba Marawis Inayah FM Jaring 3 Tim Terbaik

 


Berita Terkait