Dikira HOAX, Masjid di Donggala Tetap Kokoh

Minggu, 07 Oktober 2018 09:19 Eris Kuswara Nasional

Dikira HOAX, Masjid di Donggala Tetap Kokoh

 

Koropak.co.id - Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter dan tsunami setinggi 3 meter yang melanda Kota Palu dan Sulawesi Tengah, Indonesia, pada Jumat (28/9/2018) lalu ini menimbulkan trauma yang mendalam bagi para korban yang terkena dampak dari bencana alam tersebut.

Menurut data terakhir, bencana alam tersebut menghancurkan ratusan bangunan yang berdiri serta menewaskan sebanyak 1.571 orang. Oleh karena itu, tidaklah heran banyak sekali korban yang selamat mengalami trauma berat. Bahkan banyak juga yang memutuskan untuk tinggal di daerah lainnya di luar pulau Sulawesi.

Namun ada hal yang menarik dari kejadian tersebut. Beberapa waktu lalu beredar sebuah video masjid yang masih berdiri kokoh di antara puing-puing reruntuhan bangunan lainnya dan menjadi viral di media sosial.

Bahkan video tersebut juga sempat dikira HOAX dikarenakan para netizen melihat kondisi masjid yang tampak mencolok dibandingkan dengan bangunan lain di sekitarnya, namun ternyata video tersebut asli.

 

Koropak.co.id - Dikira HOAX, Video Masjid di Donggala Jadi Viral (2)

 

Baca : Tsunami Terjang Palu dan Donggala

Bahkan ada salah satu akun pribadi Facebook atas nama Agus Purwanto yang membagikan video tersebut melalui laman Facebook pada Jumat (5/10/2018) menuliskan :

"Saya dapet kiriman video ini dari temen. Ini hoak apa nyata ya lur? Mohon yang tahu kasih infonya ya,".

Setelah ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Twitter @LembagaF, pada Jumat (5/10/2018). Tampak jelas masjid tetap berdiri tegak di antara reruntuhan bangunan. Terlihat juga beberapa relawan yang melintasi daerah yang terkena dampak Gempa di Sulawesi Tengah tersebut.*

 

Baca : Israel Dibalik Gempa Palu, Inspiratif