Kades Simpang Cikajang Diduga Gelapkan Dana Desa

Selasa, 09 Oktober 2018 21:40 Dedi Sofwan Desa

Kades Simpang Cikajang Diduga Gelapkan Dana Desa

 

Koropak.co.id - Ketua Forum Aspirasi Masyarakat, Asep Nandang Sutisna mendatangi Kejaksaan Garut untuk menyampaikan berkas laporan atas dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

"Hari ini kami menyampaikan berkas laporan ke Kejaksaan Garut dan diterima oleh Sekretariat Kejaksaan Garut dengan tanda terima nomor 07/FAM/GRT/IX/2018," kata Asep kepada Koropak di Kantor Kejaksaan Garut, Selasa (9/10/2018).

Asep mengatakan laporannya ke Kejaksaan Garut terkait dengan dugaan penyelewengan, penggelapan atau adanya tindak pidana korupsi yang terjadi di Desa Simpang yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Simpang, Aten.

Dikatakan Asep, alasannya melaporkan Kades Simpang ke Kejaksaan Garut karena sejak dilantik tahun 2015, sampai sekarang tidak pernah melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang seyogianya melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

"Banyak dana yang sumbernya dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang tidak diterapkan oleh Kades Simpang seperti sarana olahraga, hingga Tembok Penahan Tanah (TPT). Kalau dipresentasikan cuman 30 persen yang diterapkan," ucap Asep.

 

Koropak.co.id - Kades Simpang Garut Diduga Gelapkan Dana Desa (2)

 

Baca pula : Lagi, Kades Terciduk Panwaslu

Asep akui pihaknya mempunyai data yang otentik dan bisa dipertanggungjawabkan, yang dibawanya dalam pelaporan tersebut.

"Semua masyarakat Desa Simpang sudah merasa gerah dan tidak nyaman akan cara kepemimpinan Atan selaku Kades," katanya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Desa Simpang telah dua kali melakukan unjuk rasa terhadap Kades Simpang, pada 3 dan 8 Oktober 2018.

"Dengan adanya laporan ini, diharapkan Kejaksaan Garut segera menindaklanjutinya," ucap Asep.*

 

Baca pula : Puluhan Juta Mengalir dari Saku Kades

 


Berita Terkait