Ratusan Santri Turun Ke Lapangan

Jum'at, 19 Oktober 2018 23:32 D. Farhan Kamil Desa

Ratusan Santri Turun Ke Lapangan

 

Koropak.co.id - Seusai pelaksanaan solat Jumat, sedikitnya, 700 santri Pondok Pesantren Daarul Abroor dan sejumlah warga perwakilan beberapa desa di Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, turun ke pematang sawah di Desa Cikadu, untuk melaksanakan solat Istisqo, Jumat (19/10/2018).

Meski di bawah terik matahati dan kepulan debu yang tersapu angin dari atas lahan sawah yang tandus dan kering hingga pecah pecah, tak merontokkan kekhidmatan jamaah yang dikomando langsung oleh Pimpinan Pesantren Daarul Abroor KH. Asop Sofiudin, berdoa dan bermunajat meminta kepada sang Khaliq, agar diturunkan hujan membawa rahmat dari langit.

"Hari ini adalah sayyidul ayyam, para santri dan masyarakat diajak duduk dan berkumpul menjalankan sunah Rosul dengan cara memperbanyak istigfar dan istigosah dilanjutkan dengan solat Istisqo. Tentunya kita berharap agar segera turun hujan membawa rahmat bagi umat manusia," kata Asop.

 

Baca : Kekeringan Mulai Landa Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Ratusan Santri Turun Ke Lapangan (2)

 

Baca : Seluas 496 Hektare Sawah di Tasikmalaya Alami Kekeringan

Disamping itu, kegiatan tersebut sebagai bentuk mengajak kebaikan dengan bentuk perbuatan (bil hal), untuk mengedukasi para santri dan masyarakat tentang tata cara melaksanakan solat Istisqo.

Ditambahkan, bagi masyarakat khususnya di Desa Cikadu yang didominasi para petani, kekeringan yang melanda sejak beberapa bulan lalu, tentunya sangat menyulitkan bagi mereka melakukan rutinitas pekerjaan, untuk bercocok tanam di lahan pertanian yang sudah cukup lama mengalami kekeringan.

"Sebagai umat Islam, jalan paling utama yang harus ditempuh dalam kondisi seperti ini, tidak lain adalah berdoa. Karena doa adalah senjatanya (silah) orang orang beriman," ujarnya.*

 

Baca pula : Sambut Hari Santri Nasional Ratusan Siswa Khatam Quran


Berita Terkait