Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim

Sabtu, 27 Oktober 2018 10:53 Dedi Sofwan Desa

Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim


Koropak.co.id - Menyambut Hari Aksi Perubahan Iklim tahun 2018, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI), memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) terhadap desa yang mampu mengantisipasi dampak dari perubahan iklim.

Acara yang digelar di Auditorium Manggala Wanabhakti, KLHK RI, Jalan Gatot Subroto Jakarta itu berlangsung selama dua hari, Rabu (24/10/2018) dan Kamis (25/10/2018).

Kabar gembiranya, salah satu desa yang menerima penghargaan itu adalah Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Penghargaan ProKlim tahun 2018 tersebut diserahkan langsung oleh Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Desa Giriawas, Dindin Mauludin.

Dijumpai Koropak di ruang kerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jumat (26/10/2018), Kepala Desa Giriawas, Dindin Mauludin mengucapkan terimakasih kepada Forum Komunikasi (Forkopim) Kecamatan Cikajang dan DLH Kabupaten Garut yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan untuk mengikuti lomba Desa ProKlim tingkat nasional.

 

Baca : PATM Dibangun di Desa Sindangsari

"Penghargaan ini bisa kami raih setelah melalui proses yang cukup panjang. Ada 616 desa dari seluruh Indonesia yang masuk nominasi Desa ProKlim. Setelah melalui proses verifikasi, akhirnya didapatkan 33 Desa yang mendapatkan nilai di atas 90, salah satunya Desa Giriawas," ucapnya.

Ditambahkan Dindin, pihaknya bersama masyarakat sudah berkomitmen sejak awal untuk menjaga lingkungan dan iklim terkait dengan kelestarian alam.

"Karena kami sadar, bahwa kelestarian alam merupakan tanggungjawab kita bersama," tuturnya.

Dijelaskan Dindin, selama ini yang telah dilakukannya adalah dengan membuat bank sampah di setiap Rukun Warga (RW). Selain itu, ada beberapa kelompok di Desa Giriawas yang mengelola sampah organik dan unorganik.

"Itu kami legalkan melalui Peraturan Desa (Perdes) tentang kebersihan, keamanan, dan ketertiban (K3). Ke depannya selain ProKlim, kami ingin Desa Giriawas menjadi desa wisata," ucapnya.

 

Baca : Desa Situsaeur, Desa Gotong Royong

 

Koropak.co.id - Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim (2)

 

Baca : Bupati Garut Datangi Desa Cinta

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Garut, Asep Suparman menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Desa Giriawas beserta warganya yang telah mengharumkan nama Garut di tingkat nasional.

Asep mengatakan, apa yang sudah dicapai oleh Desa Giriawas tidak terlepas dari kesadaraan masyarakat Giriawas dalam membangun rasa kepedulian untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

"Semoga apa yang telah dicapai oleh Desa Giriawas bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Dan yang paling penting lagi, bisa menjadi motivasi bagi desa desa lain yang ada di Kabupaten Garut," katanya.

Selain menjadi desa wisata, kata Asep, ke depannya Desa Giriawas akan diarahkan untuk meraih penghargaan ProKlim Lestari dan ProKlim Mandiri.*

 

Baca : Bupati Garut Optimis Kembali Juara Lomba Desa Tingkat Jabar


Berita Terkait